7 Tips Touring Libur Panjang Nataru

*Paling Utama, Jangan Begadang

0

 

ZONAPASAR.COM, SEMARANG- Akhirnya perjalanan panjang tahun 2023 segera memasuki babak akhir. Banyak kisah, suka dan duka pasti menyertai kita semua. Dan bagi sebagian masyarakat, libur  panjang Natal dan Tahun Baru 2024 banyak dihabiskan di luar kota. Transportasi darat dengan sepeda motor tentu menjadi salah satu pilihannya, karena lebih hemat juga lebih fleksibel apabila menghadapi kemacetan.

“Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sesaat sebelum malakukan perjalanan jauh di saat libur panjang seperti musim libur Nataru. Karena akan banyak sekali masyarakat yang menggunakan momentum ini untuk rekreasi bersama keluarga atau liburan atau sekadar mengunjungi kerabat. Karena itu, kondisi jalan tentu akan sangat padat sekali,” jelas Paul Himawan, Cief DDS 3 Jateng-DIY dalam siaran persnya.

“Karena perjalanan jauh dan sangat mungkin padat selama di perjalanan, maka rider harus istirahat yang cukup. Alias jangan BEGADANG,” tegas Paul menambahkan. Kenapa? Karena jarak tempuh cukup jauh dan ditambah dengan kepadatan lalu lintas, maka rider perlu konsentrasi penuh selama perjalan. Dan juga ditunjang dengan fisik yang prima menjadi salah satu syarat utama. “Karena itu, sebelum melakukan perjalanan jauh, tidur yang cukup. Jangan BEGADANG, apalagi kalau sampai tidak tidur. Sangat berbahaya, bukan hanya kepada diri sendiri, tetapi juga untuk pengendara lain,” tandas Paul lagi.

Tantangan lain selama perjalanan di libur Nataru adalah cuaca, karena sangat mungjkin selama perjalanan akan turun hujan. Maka apabila dalam perjalanan terjadi hujan, apabila akan terus melanjutkan perjalanan, gunakan jas hujan yang aman dan nyaman, sebaiknya gunakan jas hujan model terpisah, celana sendiri, jaket sendiri. “Tapi kalau curah hujan semakin tinggi, sebaiknya istirahat. Karena jarak pandang juga akan semakin terbatas, sekali lagi, ini juga cukup berbahaya apabila kita memaksakan diri, maka piilhan terbaik adalah istirahat hingga hujan reda,” tambah Paul.

Selain itu, berikut 6 tips lain Mengendarai Motor saat Bepergian Jauh pada Libur Nataru:

  1. Pastikan motor dalam kondisi yang prima
  2. Istirahat yang cukup sebelum berkendara.
  3. Posisi duduk menentukan kualitas berkendara
  4. Sikap tubuh dan lengan harus sesuai
  5. Pengereman yang baik membuat berkendara lebih baik
  6. Waspada akan jalanan yang berlubang.
  7. Patuhi Rambu Lalu Lintas

Dan berikut tips berkendara di musim hujan:

  1. Menyiapkan jas hujan
  2. Berkendara normal saat hujan
  3. Berhenti atau istirahat saat curah hujan tinggi
  4. Jaga jarak aman
  5. Jangan Menerabas genangan.(zav)
Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan

Verified by MonsterInsights