5 Buku Fiksi Ini Dapat Memprediksi Masa Depan yang Ternyata Jadi Kenyataan!

    Unsplash.com

    KAMU mungkin tidak menyangka, ternyata kemampuan meramal juga bisa dimiliki oleh seorang penulis buku. Beberapa buku yang sudah ditulis puluhan tahun lalu ternyata berhasil menunjukan kebenaran yang terjadi di masa depan atau setidaknya mendekati dengan situasi maupun kondisi masa kini.

    Dari berbagai buku yang ada, berikut 4 buku fiksi yang, entah bagaimana, berhasil memprediksi masa depan yang ternyata menjadi kenyataan.

    1. The World Set Free Karya H.G Wells

    Dalam buku The World Set Free yang ditulis pada 1913, Wells membayangkan satu hal tentang masa depan, yakni bagaimana dunia akan dibuat kalut marut oleh isu bom atom.

    Dan pada 1945, bom atom berdaya ledak tinggi itu benar-benar digunakan, salah satu yang digunakan untuk menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki di Jepang.

    2. Stand on Zanzibar Karya John Brunner

    Di di dalam buku Stand on Zanzibar, John Brunner menarasikan tentang bagaimana proses pembangunan dan bagaimana penampakan dunia di masa depan.

    Dan ternyata, meski ditulis pada Abad ke-20, buku itu memiliki belasan prediksi yang akurat terkait situasi dan kondisi pada Abad ke-21.

    Beberapa di antaranya meliputi maraknya aksi terorisme di dunia dan kekerasan yang terjadi di sekolah. Brunner juga memprediksi adanya aksi teror yang ditargetkan pada bangunan di Amerika Serikat.

    Tidak hanya itu, Brunner juga menarasikan, saingan terbesar AS di masa depan adalah China, bukan Uni Soviet. Mereka bersaing bukan di sektor militer, melainkan di bidang teknologi, perdagangan dan ekonomi.

    Israel, seperti apa yang dibayangkan Brunner, menjadi negara momok di Timur Tengah pada Abad ke-21.

    3. Earth Karya David Brin

    Pada 1989, Brin menerbitkan novel berjudul Earth, menceritakan tentang situasi dan kondisi di Bumi pada 2038.

    Melalui novel itu, Brin mengeksplorasi segala kemungkinan tentang kehidupan masa depan, dan ternyata ada belasan prediksinya yang benar-benar terjadi di masa kini.

    Beberapa di antaranya adalah terkait pemanasan global, kenaikan permukaan air laut, dan penghancuran tanggul di Sungai Mississippi. Bencana alam lain yang diramalkan dan menjadi kenyataan adalah Bencana Nuklir Fukushima.

    Brin juga memprediksi kemunculan World Wide Web alias Internet yang telah menjadi sumber informasi publik, kemunculan jurnalisme digital, dan kebebasan berekspresi di dunia maya.

    4. Looking Backwards

    Buku yang ditulis pada tahun 1888 ini, Edward Bellamy menarasikan penjelasan tentang adanya penggunaan kartu kredit di masa depan. Dan pada tahun 1950, kartu kredit diciptakan.

    5. A Fall of Moondust

    Arthur C. Clarke dalam bukunya A Fall of Moondust di tahun 1962 memprediksikan bahwa nantinya orang-orang akan bisa berwisata tur ke luar angkasa. Dan pada tahun 2001, Dennis Anthony Tito, seorang teknisi asal Amerika menjadi orang pertama yang melakukan tur ke luar angkasa. (ZP/05)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here