7 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Menimbang Badan

Pixabay.com

MENIMBANG badan selalu menjadi permasalahan bagi semua orang, apalagi para wanita khususnya. Begitu naik 0.1 kilogram saja, para perempuan biasanya sudah panik bukan main! Namun, apakah dia sadar kalau kondisi sekaligus situasi sebelum melakukan timbang badan itu berpengaruh ke berat badan?

Nah, sebelum panik, pastikan tahu dulu beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang-orang saat menimbang berat badan, terutama bagi kamu para perempuan khususnya wajib tahu kesalahanmu saat menimbang.

1. Kamu menimbang badan di rumah orang lain

Timbangan badan yang digunakan dirumah orang lain ataupun tetanggamu bisa jadi berbeda dengan milikmu. Tak heran jika beratmu bisa mendadak naik bahkan bisa jadi turun drastis.

2. Menimbang dengan Mengenakan Pakaian Lengkap

Biasanya saat kamu menimbang berat badan di rumah sakit, kamu akan ditimbang dengan pakaian lengkap dan juga sepatu yang masih terpakai. Hal ini malah akan membuat berat badanmu naik setara dengan berat pakaian dan sepatu yang masih kamu kenakan.

3. Kamu selalu menggunakan timbangan yang berbeda-beda

Setiap timbangan memang memiliki ciri khas masing-masing dan tidak bisa disamakan. Ada yang memang sangat sensitif, ada yang sudah agak rusak tanpa disadari sehingga membuatmu makin ringan, dan lain sebagainya. Agar hasil akurat, lebih baik percaya pada satu timbangan saja yang sudah distandarisasi.

4. Menimbang Setelah Berolahraga

Kalau kamu mengira setelah berolahraga berat badanmu akan turun, maka ini tidak akan terjadi. Setiap habis berolahraga, kamu akan kehilangan cairan dan mengeluarkan keringat yang cukup banyak sehingga kamu akan mengonsumsi air dalam jumlah yang lebih banyak.

Dan tahukah kamu, pada setiap satu liter air setara dengan satu kilogram berat badan kamu?

5. Menimbang setiap hari

Waktu ideal dalam menimbang berat badan adalah seminggu sekali, 10 hari sekali atau kamu bisa melakukannya setiap dua minggu sekali. Jika kamu selalu ingin mengetahui berapa berat badan setiap hari, hal ini juatru akan memicu perilaku obsesif yang tidak menyehatkan buat tubuh.

6. Kamu menimbang badan saat galau atau bahkan kamu terlalu bahagia

Saat kamu sedang sedih dan timbang badan, entah mau naik atau tidak, kamu bisa jadi frustasi sendiri dan makin sedih melihat timbangan. Dan saat bahagia kamu mungkin acuh dengan berat badanmu. Agar akurat, timbanglah berat badanmu satu minggu sekali menggunakan timbangan yang sama.

7. Menimbang saat malam hari dan setelah makan

Biasnya saat malam hari tubuhmu tak terlalu banyak beraktivitas sehingga tidak membakar lemak. Apalagi kalau kamu baru saja selesai makan malam, tentu sangat memengaruhi berat badanmu. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here