7 Tips Agar Kamu Lulus Ujian Jalur Mandiri di...

7 Tips Agar Kamu Lulus Ujian Jalur Mandiri di Perguruan Tinggi Negeri

-

- Advertisment -spot_img

BEBERAPA kampus dalam waktu dekat akan melangsungkan Ujian Jalur Mandiri (UJM). Seperti halnya di UIN Walisongo yang akan segera menggelar UJM pada 25 Juli 2018 mendatang. Tentunya bagi kamu yang belum lulus kuliah di Perguruan Tinggi Negeri lewat jalur SBMPT atau lainnya ini adalah kesempatan terakhir buat kamu.

Kamu harus betul-betul serius karena ini adalah momentum agar kamu bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihanmu.

Saat UJM, jika melihat tahun lalu kamu akan diuji dengan soal yang beragam, baik tentang pengetahuan umum, keagamaan, bahasa dan lainnya. Nah ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa lulus UJM di PTN.

1. Tahu Jadwal

Supaya kamu bisa ikut tes, kamu harus tahu jadwal ujian mandiri di PTN masing-masing kapan akan dilaksanakannya. Dan setelah tahu jadwalnya kamu bisa mulai mempersiapkan segala keperluannya dengan baik. Pastikan juga kamu memilih jurusan sesuai yang kamu cita-citakan.

2. Siapkan Segala Perlengkapan

Jangan mempersiapkan perlengkapan ujianmu di pagi hari. Bisa-bisa kamu jadi terburu-buru dan membuatmu jadi panik sendiri, sehingga mempengaruhi kesiapanmu dalam mengikuti ujian mandiri. Jadi pastikan jauh-jauh hari kamu sudah siap semuanya.

3. Perbanyak Latihan

Akhir-akhir ini sudah banyak buku-buku latihan soal yang dirancang sesuai dengan perguruan tinggi masing-masing. Dengan adanya buku tersebut, kamu bisa melatih diri sendiri dengan memperbanyak menjawab soal-soal yang ada. Kamu bisa mulai dari sekarang, karena jenis soal ujian mandiri cukup beragam.

4. Cari Informasi

Untuk mendapatkan informasi akurat soal ujian mandiri dan teknisnya, kamu bisa coba tanyakan kepada kakak kelas atau saudaramu yang sudah pernah mengikuti ujian mandiri. Dengan mendapatkan gambaran yang lebih jelas, kamu pasti akan lebih yakin dalam mempersiapkan diri.

5. Jaga Kondisi Kesehatan

Meskipun ini jadi penentu terakhir kamu bisa kuliah di PTN pilihanmu, jangan sampai kamu jatuh sakit. Kamu harus tetap menjaga pola makan dan prilaku hidup yang sehat.

Jangan lupa kamu masih bisa liburan atau melakukan hal yang paling kamu suka terlebih dahulu agar tidak stres.

6. Kerjakan Soal yang Mudah Lebih Dulu

Saat sudah mulai ujian, kamu bisa tinggalkan dulu soal yang kira-kira membuatmu berpikir keras di awal. Untuk menghemat waktu, lebih baik kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah. Setelah itu, selesaikan soal-soal yang lebih sulit di sisa waktu yang ada.

7. Jangan Lupa Berdoa

Semaksimal apapun usaha kamu, jangan lupa iringi dengan doa. Jangan lupa juga untuk minta restu dari orang tua, agar diberikan kelancaran dan kemudahan saat menghadapi soal-soal ujian. Usahakan juga untuk tetap tenang dan optimis. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

BOYOLALI -  PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren...

Apindo Semarang Jamin Perusahaan Bayar THR Secara Penuh

SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Semarang memastikan perusahaan di kawasan ini akan membayar Tunjangan Hari Raya (THR)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

SIG Bukukan Laba Rp450,36 Miliar

*Kuartal I Tahun 2021 JAKARTA– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Kuartal I tahun 2021 mencatatkan laba yang dapat diatribusikan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda