7 Tips Agar Kamu Lulus Ujian Jalur Mandiri di Perguruan Tinggi Negeri

    BEBERAPA kampus dalam waktu dekat akan melangsungkan Ujian Jalur Mandiri (UJM). Seperti halnya di UIN Walisongo yang akan segera menggelar UJM pada 25 Juli 2018 mendatang. Tentunya bagi kamu yang belum lulus kuliah di Perguruan Tinggi Negeri lewat jalur SBMPT atau lainnya ini adalah kesempatan terakhir buat kamu.

    Kamu harus betul-betul serius karena ini adalah momentum agar kamu bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihanmu.

    Saat UJM, jika melihat tahun lalu kamu akan diuji dengan soal yang beragam, baik tentang pengetahuan umum, keagamaan, bahasa dan lainnya. Nah ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa lulus UJM di PTN.

    1. Tahu Jadwal

    Supaya kamu bisa ikut tes, kamu harus tahu jadwal ujian mandiri di PTN masing-masing kapan akan dilaksanakannya. Dan setelah tahu jadwalnya kamu bisa mulai mempersiapkan segala keperluannya dengan baik. Pastikan juga kamu memilih jurusan sesuai yang kamu cita-citakan.

    2. Siapkan Segala Perlengkapan

    Jangan mempersiapkan perlengkapan ujianmu di pagi hari. Bisa-bisa kamu jadi terburu-buru dan membuatmu jadi panik sendiri, sehingga mempengaruhi kesiapanmu dalam mengikuti ujian mandiri. Jadi pastikan jauh-jauh hari kamu sudah siap semuanya.

    3. Perbanyak Latihan

    Akhir-akhir ini sudah banyak buku-buku latihan soal yang dirancang sesuai dengan perguruan tinggi masing-masing. Dengan adanya buku tersebut, kamu bisa melatih diri sendiri dengan memperbanyak menjawab soal-soal yang ada. Kamu bisa mulai dari sekarang, karena jenis soal ujian mandiri cukup beragam.

    4. Cari Informasi

    Untuk mendapatkan informasi akurat soal ujian mandiri dan teknisnya, kamu bisa coba tanyakan kepada kakak kelas atau saudaramu yang sudah pernah mengikuti ujian mandiri. Dengan mendapatkan gambaran yang lebih jelas, kamu pasti akan lebih yakin dalam mempersiapkan diri.

    5. Jaga Kondisi Kesehatan

    Meskipun ini jadi penentu terakhir kamu bisa kuliah di PTN pilihanmu, jangan sampai kamu jatuh sakit. Kamu harus tetap menjaga pola makan dan prilaku hidup yang sehat.

    Jangan lupa kamu masih bisa liburan atau melakukan hal yang paling kamu suka terlebih dahulu agar tidak stres.

    6. Kerjakan Soal yang Mudah Lebih Dulu

    Saat sudah mulai ujian, kamu bisa tinggalkan dulu soal yang kira-kira membuatmu berpikir keras di awal. Untuk menghemat waktu, lebih baik kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah. Setelah itu, selesaikan soal-soal yang lebih sulit di sisa waktu yang ada.

    7. Jangan Lupa Berdoa

    Semaksimal apapun usaha kamu, jangan lupa iringi dengan doa. Jangan lupa juga untuk minta restu dari orang tua, agar diberikan kelancaran dan kemudahan saat menghadapi soal-soal ujian. Usahakan juga untuk tetap tenang dan optimis. (ZP/05)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here