8 Langkah Agar Performa Motor Tetap Terjaga dan Nyama Dikendarai Usai Libur Lebaran

0

ZONAPASAR.COM, SEMARANG- Pasca mudik lebaran, menjaga performa sepeda motor menjadi sangat penting dilakukan untuk menjaga mesin tetap awet.

Dalam upaya untuk memastikan perjalanan yang menyenangkan setelah perjalanan jarak jauh, penting bagi para pengendara untuk melakukan pengecekan beberapa komponen sepeda motor sebelum memulai perjalanan di kota misalnya untuk bekerja.

Berikut 8 hal yang wajib dilakukan oleh konsumen untuk perawatan sepeda motor pasca mudik lebaran:

Ganti Oli.
Memeriksa Kondisi Ban.
Periksa Rantai dan Gir.
Memeriksa Komponen Rem.
Memeriksa Filter Udara.
Cek Kelistrikan.
Bersihkan CVT (Matic)
Cek Cairan Radiator (Motor Pendingin Cair)

Dari 8 tips tersebut, Cief DDS 3  PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Paul Himawan menyoroti pentingnya perawatan pada komponen rem.

Dia mengatakan, saat mengendarai sepeda motor, pengendara disarankan untuk menghindari kebiasaan menarik gas dan tuas rem secara bersamaan.

“Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, kampas rem dapat menjadi lebih cepat aus atau menipis,” papar Paul dalam siaran persnya, Rabu (17/4).

Selain memperhatikan gaya berkendara, penting juga untuk membersihkan kampas rem secara rutin menggunakan sikat kawat atau cairan pembersih rem. Hal ini dilakukan agar kampas rem terhindar dari tumpukan kotoran seperti pasir atau debu halus yang dapat mengganggu kinerja rem secara keseluruhan.

Selanjutnya adalah melakukan pengecekan dan penggantian minyak rem agar fungsi rem cakram sepeda motor tetap optimal, konsumen perlu memperhatikan kondisi minyak rem.

“Pastikan volume minyak rem di dalam master rem berada dalam batas normal, jernih, dan bebas dari kotoran. Ketika minyak rem dalam kondisi baik, maka kinerja rem cakram juga akan lebih optimal. Sesuai dengan buku petunjuk penggunaan, konsumen juga perlu melakukan penggantian minyak rem setiap 24.000 km atau 2 tahun sekali dalam kondisi penggunaan normal,” jelas Paul.

Selanjutnya penggunaan spare part asli juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Setiap kampas rem asli Yamaha telah dirancang khusus sesuai dengan setiap model sepeda motor Yamaha, sehingga kinerja dan daya tahannya optimal. Selain itu, minyak rem asli Yamaha juga telah teruji kemampuannya dalam menahan suhu tinggi yang dihasilkan oleh proses pengereman.

“Melakukan perawatan sepeda motor menjadi kewajiban para pengendaranya, hal ini untuk menjaga berbagai fungsi pada sepeda motor tetap optimal. Salah satunya fungsi pengereman yang sangat penting untuk selalu diperhatikan khususnya bagi para pengendara aktif. Maka dari itu kami sebagai produsen sepeda motor berupaya mengingatkan dengan berbagi tips perawatan fungsi pengereman sepeda motor untuk menunjang pengalaman berkendara konsumen tetap menyenangkan,” terang Paul.

“Untuk itu saya menyarankan agar konsumen segera melakukan perawatan di bengkel resmi Yamaha. Dengan melakukan perawatan secara teratur, tidak hanya performa motor yang tetap terjaga, tetapi konsumen juga bisa menikmati berbagai keuntungan lainnya, seperti promo spesial yang tersedia,” ajaknya

Tidak hanya itu, konsumen juga memiliki kesempatan untuk mengumpulkan poin dari setiap transaksi service melalui My Yamaha Motor App hingga menjadi My Yamaha Motor Member. Dengan bergabung sebagai member, konsumen berhak mendapatkan berbagai hadiah menarik, termasuk voucher potongan harga untuk layanan servis.(zav)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan