Ekonomi Bisnis8 Oleh-oleh Khas Kota Semarang yang Wajib Diborong, No...

8 Oleh-oleh Khas Kota Semarang yang Wajib Diborong, No 7 Paling Unik!

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Ada pilihan oleh-8 Oleh-oleh khas Kota Semarang yang wajib Anda borong ketika berkunjung ke ibukota Jawa Tengah ini.

Sejumlah oleh-oleh khas Semarang berikut ini bisa jadi pilihan utama Anda karena rasanya yang enak.

Lumpia

Lumpia identik dengan isian rebung yang dicampur dengan daging ayam atau udang yang dicincang, menjadikan makanan ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit para pelancong yang datang ke Semarang.
Banyak sekali toko-toko yang menjual lumpia di sepanjang jalan Semarang, beberapa diantaranya adalah Lumpia Gang Lombok, Lumpia Mataram, Lumpia Mbak Lien, dan Lumpia Cik Meymey.

Wingko Babat

Selain lumpia, jajanan khas Kota Semarang lainnya yang bisa kamu bawa pulang adalah wingko babat. Berbentuk bulat pipih, wingko babat adalah kue berbahan dasar kelapa dan tepung beras ketan yang dibakar hingga coklat kehitaman, lalu dibungkus dengan kertas.

Bukan hanya rasa kelapa, wingko babat juga memiliki varian rasa lainnya mulai dari cokelat, nangka, hingga durian. Rasa legit dan lembut wingko khas Semarang ini pun seketika memanjakan lidahmu. Kamu tak akan sulit menemukan oleh-oleh khas Semarang yang satu ini. Biasanya, wingko babat dijual di tempat-tempat umum seperti terminal, stasiun, bandara, atau pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran.

Tahu Bakso

Tahu bakso adalah salah satu jajanan yang tak kalah menarik dari kota Semarang. Makanan ini dibuat dari bahan dasar tahu yang diberi adonan bakso di tengahnya. Dinikmati selagi hangat dengan secangkir kopi atau teh, bisa menemani sore hari saat bersantai. Untuk mendapatkannya bisa langsung ke outlet-outlet tahu bakso yang sudah banyak tersedia di Semarang, salah satunya Tahu Bakso Bu Pudji. Apabila mau dibawa untuk oleh-oleh ke kota yang cukup jauh, bisa juga membelinya dalam kemasan vacuum yang akan membuatnya lebih terjaga kualitasnya.

Kue Moachi

Jika mendengar kata mochi, pasti identik dengan kenyal-kenyal di lidah. Semarang juga menyediakan jajanan yang satu ini, dan terbilang populer di kalangan wisatawan. Mochi khas Semarang terbuat dari tepung ketan dengan bagian dalamnya diisi kacang cincang dan gula, serta dibalut wijen di luar.
Salah satu yang bisa kalian kunjungi adalah outlet Moachi Gemini yang terletak di Jalan Kentangan Barat No. 101. Yuk dicoba!

Roti Ganjel Rel

Oleh-oleh ‘tempo dulu’ yang juga sangat digemari adalah roti ganjel rel. Roti ini berbentuk gelondongan besar yang padat. Sebenarnya nama asli roti ini adalah kue gambang karena bentuknya yang menyerupai alat music gambang. Tapi oleh masyarakat kue ini dinamakan ganjel rel karena ukurannya mirip bantalan rel kereta api yang bentuknya panjang dan tebal.
Biasanya kue berwarna cokelat ini diberi taburan wijen diatasnya dengan aroma khas kayu manis yang kuat.

Bandeng Presto

Bandeng presto adalah satu dari sekian banyak oleh-oleh khas Semarang yang enak dan paling banyak diburu wisatawan. Sesuai dengan namanya makanan ini memang berbahan dasar ikan bandeng (Chanos chanos) yang dipresto atau diuapkan dengan tekanan tinggi.

Sebelum dilakukan proses presto, ikan bandeng terlebih dahulu dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang. Bumbu yang biasa digunakan untuk melumuri ikan bandeng tersebut adalah bawang putih, kunyit, dan garam. Sebelum dilakukan proses presto, ikan bandeng terlebih dahulu dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang. Bumbu yang biasa digunakan untuk melumuri ikan bandeng tersebut adalah bawang putih, kunyit, dan garam.
Bandeng presto ini banyak dijumpai di toko oleh-oleh sepanjang Jalan Pandanaran Semarang.

Serbat Jangkrik Mas

Yang tak kalah menarik dari Semarang adalah oleh-oleh Serbat Jangkrik Mas. Serbat ini merupakan minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti jahe, sereh, kunyit, lengkuas, kayu manis, dan rempah lainnya. Untuk menyeduhnya pun cukup mudah, dengan segelas air panas ataupun dapat dicampurkan ke teh atau kopi.
Serbat Jangkrik Mas yang sudah ada sejak tahun 1958 ini dikenal orang sebagai penghangat badan ataupun pengusir masuk angin.

Serbat Jangkrik Mas tersedia dalam 4 varian, original, sereh, uwuh dan habbatussauda dapat dengan mudah dijumpai di toko-toko di kota Semarang.

Kue Sarang Madu

Kue ini memiliki bentuk seperti sarang burung ini memiliki rasa manis karena disiram gula merah di atasnya. Bahan pembuatannya sangat sederhana, yaitu tepung beras, santan, dan tentu saja gula merah. Jika membawanya dalam perjalanan, sebaiknya diletakkan di tempat yang aman, karena kudapan yang renyah ini sangat mudah hancur. Kue sarang madu ini banyak ditemukan di toko oleh-oleh yang terdapat di ibukota Jawa Tengah tersebut. Kue dengan rasa manis yang enak ini cukup tahan lama dan tetap bisa dikonsumsi selama dua bulan setelah pembuatan.

Serbat Jangkrik Mas, oleh-oleh khas Semarang, Sejak tahun 1958.

Banyak hal yang diingat orang tentang kota Semarang, diantaranya adalah banyak tempat wisata yang bernuansa heritage dan juga banyak kuliner yang sangat memanjakan lidah. Sebut saja Lawang Sewu, Kota Lama dan Klenteng Sampokong. Adapun kuliner yang legendaris dan membuat orang selalu mengingat kota Semarang, lumpia, tahu pong, nasi ayam dan masih banyak yang lainnya.
Yang tak kalah menarik, Semarang memiliki suatu keunikan perpaduan 2 budaya, yaitu Jawa dan Tionghoa yang terwujud dalam suatu minuman rempah yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Serbat Jangkrik Mas.

Berawal dari pemikiran tentang bagaimana mengkonsumsi jamu secara praktis, maka diolahlah berbagai rempah pilihan dengan bentuk tablet dengan harapan memudahkan untuk mengkonsumsinya. Ternyata pemikiran ini benar dan mendapatkan respon positif dari masyarakat. Mengkonsumsi jamu dengan mudah dan rasa yang enak, ditambah lagi bermanfaat untuk tubuh, sudah pasti akan menjadi pilihan sehat bagi banyak orang.

Rempah yang digunakan merupakan rempah pilihan dan saat ini sudah diproses secara lebih modern dan higienis. Serbat Jangkrik Mas tersedia dalam 4 varian yaitu original, sereh, uwuh, dan habbatussauda. Tak hanya orang tua, banyak juga anak muda yang menyukai produk Serbat Jangkrik Mas karena tak hanya bisa diseduh dengan air panas saja, tetapi bisa dicampurkan ke kopi atau teh maupun minuman favorit lainnya. Hal ini yang menjadikan Serbat Jangkrik Mas memiliki keunikan tersendiri sebagai oleh-oleh khas kota Semarang.

Hingga kini, Serbat Jangkrik Mas yang sudah hadir sejak tahun 1958 turut membantu menjaga kesehatan keluarga Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda