UmumBabinsa Ajari Warga Rusunawa Kudu Buat Kompor Pertalite

Babinsa Ajari Warga Rusunawa Kudu Buat Kompor Pertalite

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Babinsa Koramil Genuk, Kodim 0733 BS Semarang, Kamis (28/3/2019) melakukan peragaan mengubah kompor gas yang semula menggunakan elpiji melon menjadi menggunakan BBM Pertalite. Penggunaan Pertalite dengan metode ‘water pump’ dan menyalurkan uap ke spuyer pembakaran, justru mampu menghemat rupiah.

Kompor Pertalite yang ditemukan Andi Budiono, warga Salak wilayah Koramil Tembalang dan kini disosialisasikan pemanfaatannya oleh aparat Babinsa Kodim 0733 BS Semarang ini menggunakan 1 liter Pertalite sebanding dengan 2 tabung elpiji melon (6 kg elpiji).

Warga Rusunawa Kudu di Kelurahan Kudu Genuk pun antusias mengikuti sosialisasi dan peragaan mengubar kompor elpiji menjadi kompor pertalite.

“Cara penggunaannya sama dengan menggunakan elpiji, hanya saja tabung gas digantikan dengan toples berisi pertalite yang di dalamnya diberi water pump sebagai penimbul udaya yang mengandung unsur pembakar pertalite. Udara yang muncul dari gelembung pertalite kemudian disalurkan ke spuyer pembakar dan disulut korek hingga menyala biru untuk memasak,” ujar Danramil Genuk, Mayor Inf Imam Masroni.

Mayor Inf Imam Masroni berharap, dengan mengajarkannya membuat kompor rekayasa ini ke masyarakat, maka warga akan terbantukan untuk memenuhi kebutuhan energi, khususnya bahan bakar untuk memasak.

“Harapan kami masyarakat akan mengurangi penggunaan elpiji subsidi dan beralih ke pertalite yang non subsidi. Ini jelas akan membantu pemerintah dan juga masyarakat”, tambah Danramil Genuk.

Andi Budiono yang hadir mendampingi Babinsa mengaku temuannya agar bisa bermanfaat bagi warga masyarakat harus disosialisasikan dan diajarkan. Atas kerjasama antara Kementrian Pertahanan RI Perwakilan Jawa Tengah selaku pembinanya dalam Forum Bela Negara dengan Kodim 0733 BS Semarang, maka dirinya berharap akan bisa segera bermanfaat dan dimanfaatkan untuk mengatasi kesulitas bagi warga tak mampu atau kelangkaan elpiji melon.

Kepala Perwakilan Kemenhan RI Jawa Tengah, Marsma TNI Latif Ainul Yaqin yang menyaksikan sosialisasi optimistis kehadiran kompor pertalite akan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan energi. Keterlibatan Babinsa mensosialisasikan dan mengajarkan cara membuat menjadi faktor penentu akan diterimanya kompor rakitan tersebut sebagai solusi mengatasi berbagai problem ketersediaan dan keterjangkauan bahan bakar elpiji. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Komisaris Utama Pertamina Patra Niaga Tinjau Kesiapan Sarfas Pertamina

SEMARANG - Guna memastikan seluruh kegiatan operasi dan layanan kepada masyarakat berjalan dengan lancar di tengah kondisi pandemi, Komisaris...

PLN Berikan Gerobak Motor Listrik Kepada UKM, Tingkatkan Produktivitas

SEMARANG – PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik kepada para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa Tengah...

SWI Minta Masyarakat Waspadai Penawaran Aset Kripto

JAKARTA - Satgas Waspada Investasi (SWI) meminta masyarakat untuk mewaspadai penawaran investasi aset kripto yang saat ini marak agar...

PGN Siap Kembangkan Pasar Gas Bumi Jawa Tengah

JAKARTA - Dalam rangka mewujudkan penyediaan gas bumi untuk Jawa Tengah, PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina menandatangani...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Subholding Gas Pertamina Raih ISO 55001

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas Pertamina berhasil mendapatkan sertifikat ISO 55001: Sistem Manajemen...

Menuju HUT ke-65 Astra, Kobarkan Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama

JAKARTA - Menuju hari ulang tahun (HUT) ke-65 pada 20 Februari 2022, hari ini (1/12) Astra meluncurkan logo HUT...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda