Baznas Semarang Target Himpun Dana Zakat Rp 10 Miliar di 2020

Istimewa.

SEMARANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang menargetkan perolehan zakat, infak, dam sodakoh (ZIS) sebesar Rp 10 miliar pada 2020 mendatang.

Ketua Baznas Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara mengatakan, optimis bisa mencapai target tersebut. Ia akan terus berusaha membangun semangat masyarakat untuk peduli berzakat, berinfak, maupun bersodakoh.

“Semakin banyak yang berinfak dan bersodakoh, saya yakin semakin terentaskan kemiskinan di Kota Semarang karena dana yang terkumpul sepenuhnya kami kembalikan ke warga Semarang,” kata Arnas, Kamis (26/12/19).

Ia menilai kepedulian masyarakat Kota Semarang untuk berzakat semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dilihat dari pengumpulan ZIS di Baznas yang semakin meningkat.

Adapun pada 2017, pengumpulan ZIS sebesar Rp 4 miliar. Kemudian, meningkat menjadi Rp 6 miliar pada 2018. Sedangkan tahun 2019 ini, Baznas mampu mengumpulkan ZIS sebesar Rp 8,2 miliar.

“Pengumpulan dana ZIS tersebut mayoritas dari kalangan aparatur sipil negara (ASN). Karena itu, kedepan kami akan menggencarkan sosialisasi ke kalangan masyarakat umjm dan para pengusaha agar turut serta membantu pengentasan kemiskinan di Kota Semarang,” jelasnya.

Ia menyebutkan, Rp 8,2 miliar tersebut sudah tersalurkan ke berbagai bidang. Pihaknya telah membantu pembangunan 175 rumah tidak layak huni dan 300 jamban keluarga maupun komunal.

Baznas juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk membantu program Universal Health Coverage (UHC) dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk penyaluran beasiswa sekolah.

Tahun depan, Baznas akan terus fokus untuk pada penyaluran dana ZIS untuk pengentasan kemiskinan dan bidang pendidikan melalui program bedah RTLH, jambanisasi, dan beasiswa sekolah.

“Prinsipnya Baznas tidak ada uang nganggur. Begitu ada pemasukan, kami langsung distribusikan. Kebutuhan itu kan sebenarnya yang dasar adalah papan dan pendidikan. Itu fokus besar kami,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here