UmumPendidikanBCA Ajak Pelajar di Semarang Mengenal Lebih dalam Mengenai...

BCA Ajak Pelajar di Semarang Mengenal Lebih dalam Mengenai Wayang

-

- Advertisment -spot_img

Pelajar di Kota Semarang saat menyaksikan pertunjukan wayang dalam kegiatan Wayang For Student 2019 yang digelar oleh Bank BCA, Selasa (19/11/19).

SEMARANG – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program Bakti BCA dalam bidang budaya yakni BCA untuk Wayang Indonesia mengadakan gelaran Wayang for Student 2019.

Pagelaran wayang kali menampilkan “Gathutkaca Krida” yang melibatkan 100 pelajar dari 5 sekolah di Semarang dan dinikmati lebih dari 700 siswa, guru dan orangtua yang berasal dari 10 sekolah di Semarang.

Wayang for Student 2019 di Semarang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Jumeri bersama dengan Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati, Kepala Kantor BCA Wilayah II Yandy Ramadhani, dan Direktur Kesenian Kemendikbud Restu Gunawan.

Adapun sekolah yang terlibat dalam Pagelaran Wayang For Student 2019 yakni SMA Negeri 1 Ungaran, SMA Negeri 2 Ungaran, SMP Negeri 30 Semarang, SMP Maria Mediatrix Semarang dan SMK Negeri Jateng di Semarang.

Para siswa yang mementaskan gelaran memiliki bakat dan minat di bidang seni tari, drama, suara dan musik. Mereka berlatih untuk pagelaran Wayang for Student di masing-masing sekolah.

Sebelum pementasan digelar, terdapat program pelatihan dan pendampingan yang dilakukan BCA dengan tujuan untuk melahirkan generasi muda yang cinta budaya bangsa.

Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati mengatakan, generasi muda saat ini yang cenderung tumbuh dan berkembang dengan berbagai layanan digital dan pengaruh pop culture yang cukup masif, sementara budaya tradisional Indonesia perlahan dilupakan.

Berangkat dari hal itulah menjadi pemacu BCA untuk terus memperkenalkan kesenian Indonesia kepada generasi muda melalui kegiatan yang menyenangkan dan edukatif seperti gelaran Wayang for Student.

“Wayang menjadi warisan otentik Indonesia yang memiliki pesan moral dan sudah diwariskan secara turun-temurun dari leluhur kita. Oleh sebab itu, BCA secara konsisten melakukan pengenalan wayang sedari dini kepada anak-anak di Indonesia. Hal ini dapat menjadi sebuah modal yang kuat untuk membentuk karakter generasi muda yang hebat, termasuk pelajar di kota Semarang,” ujar Inge, Selasa (19/11/19).

Dia mengatakan, tidak hanya edukasi melalui pagelaran wayang, BCA turut menghadirkan pameran Financial Literacy, pameran sanggar seni dan budaya, pameran desa binaan, serta karawitan siswa-siswi Sekolah Dasar.

Ditambahkannya, Wayang for Student merupakan program CSR Bakti BCA sejak tahun 2014 yang menjadi salah satu medium positif untuk anak-anak muda dalam melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia.

Selain digelar di Semarang, Wayang for Student juga digelar di Bandung beberapa waktu lalu.

“Secara rutin BCA menyelenggarakan kegiatan positif ini agar semakin banyak siswa-siswi Indonesia mengenal wayang sebagai budaya bangsa. Selain itu, kami berharap kegiatan Wayang for Student ini dapat membangkitkan kecintaan siswa-siswi terhadap seni wayang dan yang terpenting bahwa siswa-siswi mendapatkan nilai positif kehidupan melalui cerita wayang,” tutupnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Komunitas Tionghoa Semarang Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

SEMARANG - Perserikatan Organisasi Indonesia Tionghoa (PORINTI) Kota Semarang membagikan sembako kepada warga terdampak PPKM Darurat. Pembagian tersebut dilakukan bersama...

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Subholding Gas Bersinergi Serahkan Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

YOGYAKARTA – Subholding Gas Grup sebagai bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) bersinergi dalam menyerahkan bantuan oksigen sebanyak...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Qurban Dermawan Menyapa Masyarakat Urban Semarang

SEMARANG - Dibalik megahnya Ibu Kota Jawa Tengah ternyata masih ada wilayah terpinggirkan yang masyarakatnya tidak berkesempatan menikmati lezatnya...

Pertamina MOR IV Bagikan 8.026 Paket Daging Qurban untuk Warga Sekitar

SEMARANG – Merayakan Idul Adha 1442 H, Pertamina melaksanakan potong hewan qurban dengan total sebanyak 85 ekor yang terdiri...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda