Ekonomi BisnisRitelBeras Renceng Ekonomis dan Praktis

Beras Renceng Ekonomis dan Praktis

-

- Advertisment -spot_img

Kepala Perum BULOG Divre Jateng M. Sugit Tedjo Mulyono menunjukan beras rencang produksi BULOG

SEMARANG – Perum BULOG Divre Jateng hingga kini telah memproduksi beras renceng (kemasan 200 gram) sebanyak 23.966 sachet. Beras Renceng dengan merek “Beras Kita” dibanderol dengan harga Rp. 2.500/sachet, dan dapat diperoleh di sejumlah pasar tradisional, toko kelontong, maupun di Rumah Pangan Kita (RPK) seluruh wilayah Jawa Tengah.

Kepala Perum BULOG Divre Jateng M. Sugit Tedjo Mulyono mengatakan, Beras Renceng ini sesuai dengan terobosan Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso yang menginginkan beras harus terjangkau ke seluruh lapisan masyarakat, dan tersedia bahkan hingga ke warung-warung kecil, layaknya kopi dan mie instan yang sudah pasti tersedia. “Keberadaan beras renceng ini diharapkan mampu mencegah mafia beras yang berniat menimbun beras dan membuat harga beras melambung, karena kurangnya ketersediaan di pasaran,” katanya, Senin (13/8).

Dia menjelaskan, beras renceng ini sekaligus mempermudah masyarakat dalam memperoleh beras berkualitas premium dengan ukuran yang praktis dan ekonomis sampai dengan saat ini realisasi penjualan beras renceng sebanyak 12.685 sachet,” katanya.

Saat ini lanjut dia, produksi beras renceng mencapai 2-5 ton per hari. Produksi di lakukan di Semarang dan Solo untuk mempermudah peredaran. Beras rencang ini disebar di toko atau warung kelontong serta rumah pangan kita yang menjadi mitra Bulog.

“Untuk kualitas berasnya merupakan beras premium. Saat ini penjualan paling banyak di wilayah Solo,” ucapnya.

Sementara itu terkait kegiatan operasional Perum BULOG Divre Jateng untuk penyaluran bansos rastra, saat ini telah tersalur 100% untuk Pagu bulan Januari-Juli 2018. Adapun stok beras masih aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Selain komoditas beras yang ada di dalam gudang BULOG, terdapat juga stok komoditas lainnya, seperti Minyak Goreng, Gula, Tepung Terigu, Daging dan Telur Ayam,” ujarnya.

Dijelaskan, untuk Realisasi Pengadaan Beras, hingga saat ini telah mencapai 197.713 Ton atau 64,95 % dari target sampai dengan bulan Agustus 2018 sebanyak 304.375 Ton. Namun begitu, realisasi pengadaan harian sebesar 1.500 s.d 1.900 ton per hari mengalami penurunan dari bulan sebelumnya sebanyak 2.000 s.d 2.700 ton per hari, yang dipengaruhi harga Gabah Tingkat Petani (GKP) mengalami kenaikan.

Selain itu, lanjutnya, Perum BULOG kini juga tengah melakukan kegiatan pengadaan gula petani dengan harga Rp.9.700/Kg, dengan mekanisme pengajuan kuantum dari APTRI DPD Jateng per periode giling.

Target pengadaan gula sebesar 38.348 ton sudah terealisasi sebanyak 1.400 ton. Dengan demikian, pasokan gula di pasaran tercukupi dengan harga stabil.

“Perum BULOG sendiri siap menjalankan amanah penugasan sembilan pangan pokok. Yang sejalan dengan komitmen Presiden RI agar ketahanan dan kedaulatan pangan Indonesia dapat terjamin dan terwujudnya swasembada pangan,” tegasnya.(ZP/04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

SIG Bukukan Kenaikan Laba 29,7%

JAKARTA- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) pada semester 1 tahun 2021 berhasil membukukan laba yang dapat diatribusikan kepada...

Sambut HUT RI, KAI Hadirkan Livery Khusus

SEMARANG- PT Kereta Api Indonesia (Persero) memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 dengan memasang...

BULOG Jateng Pastikan Beras PPKM Tepat Kualitas

SEMARANG- Perum BULOG Kanwil Jawa Tengah memastikan, beras yang digunakan untuk 'Program Bantuan Beras PPKM' memiliki kualitas dan kuantitas...

Bayar Listrik di Awal Bulan Lebih Nyaman dengan Aplikasi PLN Mobile

JAKARTA – Listrik memudahkan hidup orang di kehidupan modern ini. Namun jangan lupa membayar biaya listrik sesuai penggunaan agar...
- Advertisement -spot_imgspot_img

FASTLab Semarang Buka di UTC Convention Hotel

SEMARANG - Menjaga daya tahan tubuh dengan mengatur pola makan, istirahat yang cukup serta olahraga teratur menjadi hal yang...

SNI untuk Jamin Kualitas Mutu Madu

JAKARTA - Pandemi Covid-19 masih terus melanda dunia termasuk Indonesia. Memperkuat dan meningkatkan imunitas tubuh merupakan salah satu cara...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda