Ekonomi BisnisBI Dorong Pengusaha Kembangkan Model Bisnis yang Adaptif di...

BI Dorong Pengusaha Kembangkan Model Bisnis yang Adaptif di Era Disrupsi

-

- Advertisment -spot_img

Guru Besar Universitas Indonesia (UI), Rhenald Kasali saat menjadi narasumber dalam kegiatan seminar temu responden BI Jateng, Selasa (12/11/19).

SEMARANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah menggelar kegiatan seminar temu responden di Ruang Lokapala Lantai 8, Kantor KPwBI Jateng, Selasa (12/11/19).

Kegiatan seminar yang diisi Guru Besar Universitas Indonesia (UI), Rhenald Kasali itu mengambil tema “Penguatan Daya Saing di Tengah Fenomena Disruption dan Perkembangan Teknologi”.

Adapun kegiatan tersebut merupakan wujud apresiasi BI kepada pelaku usaha, khususnya contact liaison dan responden survei yang selama ini telah membantu dalam penyediaan data dan informasi bagi BI.

Kepala Grup Sistem Pembayaran, PUR, Layanan dan Administrasi BI Jawa Tengah, Anton Daryono dalam sambutannya menyampaikan, teknologi digital saat ini telah memasuki hampir semua ruang lingkup kehidupan yang terindikasi berkontribusi mengubah perilaku masyarakat.

Perkembangan pesat teknologi digital melalui inovasi yang diciptakannya, kata dia juga menjadi pertanda bahwa Indonesia saat ini telah masuk ke dalam peradaban baru Revolusi Industri 4.0, dimana perkembangan teknologi telah tampak pada berbagai aktivitas masyarakat.

“Perkembangan teknologi digital turut terjadi pada aspek ekonomi, yakni terciptanya digitalisasi ekonomi. Hal tersebut tercermin pada peningkatan aktivitas e-commerce dan fintech yang memberikan ruang terbuka bagi transformasi bisnis,” ujar Anton.

“Perkembangan positif ini bila dimanfaatkan dengan tepat akan dapat mendorong alokasi sumber daya yang lebih efisien dan pada akhirnya mendukung kegiatan ekonomi domestik,” sambungnya.

Dia melanjutkan, pada satu sisi, perkembangan pesat teknologi digital memberikan dampak positif bagi kegiatan ekonomi, yakni berpotensi meningkatkan tingkat pendapatan masyarakat dan memperbaiki kualitas hidup manusia.

Namun pada sisi lain, kata dia teknologi digital juga memberikan tantangan. Gelombang inovasi yang datang serta terciptanya kompetisi yang semakin ketat tentunya menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi pelaku usaha.

“Untuk itu, pelaku usaha harus mampu mengembangkan model bisnis yang solid dan adaptif, serta mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi agar dapat tumbuh secara berkesinambungan pada masa yang akan datang, di tengah tantangan lingkungan bisnis yang semakin dinamis,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Wartawan Dan Polresta Banyumas Bagikan Paket Sembako

PURWOKERTO - Covid 19 bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, baik usia muda, dewasa maupun tua. Virus yang mematikan...

JNE dan Dompet Kemanusiaan Media Group Kirim Tabung Oksigen Gratis ke RSUP Kariadi Semarang

SEMARANG – Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir dan dampak yang ditimbulkan hingga saat ini sangat berpengaruh besar...

Telkomsel Ajak Masyarakat Lakukan #YangKitaBisa

JAKARTA – Sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang tengah menghadapi pandemi, Telkomsel berupaya untuk menempatkan diri berdampingan bersama masyarakat...

Komunitas Tionghoa Semarang Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

SEMARANG - Perserikatan Organisasi Indonesia Tionghoa (PORINTI) Kota Semarang membagikan sembako kepada warga terdampak PPKM Darurat. Pembagian tersebut dilakukan bersama...
- Advertisement -spot_imgspot_img

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda