Ekonomi BisnisBI-Pemkab Magelang Jalin Kerjasama Pengendalian Inflasi Komoditas Cabai

BI-Pemkab Magelang Jalin Kerjasama Pengendalian Inflasi Komoditas Cabai

-

- Advertisment -spot_img

Penandatanganan kerjasama pengendalian inflasi komoditas cabai antara BI-Pemkab Magelang dan lintas Instansi, Selasa (6/11).

MAGELANG- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Tengah bersama Pemerintah Kabupaten Magelang melaksanakan penandatanganan kerjasama program pengendalian inflasi komoditas cabai di Kabupaten Magelang, Selasa (6/11) di Desa Giri Kulon, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.

Implementasi MoU tersebut dilaksanakan berdasarkan kerjasama lintas instansi yang terdiri dari BI, Dinas Pertanian dan Perkebunan Jateng, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Ketahanan Pangan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Badan Pertanahan Nasional, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Magelang, dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah.

Kepala Perwakilan BI Jateng, Hamid Ponco Wibowo mengatakan, perjanjian kerjasama tersebut merupakan upaya bersama untuk mengendalikan harga cabai agar berada di harga yang stabil, sehingga tidak terjadi inflasi.

“Ini upaya kita bersama dengan dinas terkait. Kita mengupayakan untuk mengendalikan harga cabai dengan secara lebih maksimal. Kita bersama, berkomitmen untuk mengendalikan harga cabai sebaik mungkin,” kata Ponco.

Dikatakan, harga cabai yang tidak stabil diakibatkan adanya masalah pada suplay dan distribusi yang cukup panjang yang mencapai tujuh rantai tata niaga. Disebutnya, dengan kerjasama itu, rantai yang panjang itu dipangkas menjadi empat saja sehingga memper pendek rantai tata niaga yang bisa membuat rentang harga tidak terlalu besar.

Ditambahkan, BI juga membangunkan gudang bagi petani yang dapat menyimpan cabai lebih lama hingga dua bulan dengan menggunakan teknologi ozon. Dengan teknologi itu, ketika panen melimpah dan harga sedang turun maka cabai yang ada bisa disimpan terlebih dahulu dan baru dikeluarkan ketika harga mulai stabil.

“Kelompok petani cabai Giri Makmur ini, nanti ketika panen raya bisa menyimpan cabai di gudang ini, karena dapat menyimpan cabai hingga dua bulan dan tidak mengalami penyusutan. Ketika panen dan harga turun tidak perlu dijual semua, cukup dijual sesuai kebutuhan, sisanya dijual kembali ketika harga relatif sama,” ujarnya.

Asisten Pemerintahan Kabupaten Magelang, Eko Triono menyambut positif jalinan kerjasama ini. Kata dia, Pemkab Magelang juga memiliki program pengembangan cabai jangka menengah yang dimulai tahun 2016-2019 untuk stabilitas pasokan dan harga cabai dan program jangka panjang tahun 2020-2024 yang mendukung swasembada cabai nasional dan ekspor cabai.

“Semoga kerjasama ini bisa berjalan baik, dan saling sinkron dengan program pengembangan cabai di Kabupaten Magelang yang kami susun,” ucapnya.

Sementara itu, sebagai wujud pelaksanaan tugas BI dalam pengendalian inflasi, terutama inflasi dari volatile food, KPwBI Jateng bersama dengan stakeholders telah melaksanakan program pengendalian inflasi melalui pengembangan klaster sejak tahun 2015.

Bank Indonesia sendiri telah hadir di Kabupaten Magelang sejak tahun 2014 untuk bersama-sama pemerintah mengembangkan perekonomian, diantaranya melalui program, klaster ikan air tawar di Sawangan, klaster sapi perah terintegrasi hortikultura di Kecamatan Ngablak, klaster bawang putih di Kecamatan Kaliangkrik, dan program pengembangan industri kreatif berbasis kesenian rakyat di Borobudur. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

BOYOLALI -  PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren...

Apindo Semarang Jamin Perusahaan Bayar THR Secara Penuh

SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Semarang memastikan perusahaan di kawasan ini akan membayar Tunjangan Hari Raya (THR)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

SIG Bukukan Laba Rp450,36 Miliar

*Kuartal I Tahun 2021 JAKARTA– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Kuartal I tahun 2021 mencatatkan laba yang dapat diatribusikan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda