Ekonomi BisnisBI-Pemkab Magelang Jalin Kerjasama Pengendalian Inflasi Komoditas Cabai

BI-Pemkab Magelang Jalin Kerjasama Pengendalian Inflasi Komoditas Cabai

-

- Advertisment -spot_img

Penandatanganan kerjasama pengendalian inflasi komoditas cabai antara BI-Pemkab Magelang dan lintas Instansi, Selasa (6/11).

MAGELANG- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Tengah bersama Pemerintah Kabupaten Magelang melaksanakan penandatanganan kerjasama program pengendalian inflasi komoditas cabai di Kabupaten Magelang, Selasa (6/11) di Desa Giri Kulon, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.

Implementasi MoU tersebut dilaksanakan berdasarkan kerjasama lintas instansi yang terdiri dari BI, Dinas Pertanian dan Perkebunan Jateng, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Ketahanan Pangan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Badan Pertanahan Nasional, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Magelang, dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah.

Kepala Perwakilan BI Jateng, Hamid Ponco Wibowo mengatakan, perjanjian kerjasama tersebut merupakan upaya bersama untuk mengendalikan harga cabai agar berada di harga yang stabil, sehingga tidak terjadi inflasi.

“Ini upaya kita bersama dengan dinas terkait. Kita mengupayakan untuk mengendalikan harga cabai dengan secara lebih maksimal. Kita bersama, berkomitmen untuk mengendalikan harga cabai sebaik mungkin,” kata Ponco.

Dikatakan, harga cabai yang tidak stabil diakibatkan adanya masalah pada suplay dan distribusi yang cukup panjang yang mencapai tujuh rantai tata niaga. Disebutnya, dengan kerjasama itu, rantai yang panjang itu dipangkas menjadi empat saja sehingga memper pendek rantai tata niaga yang bisa membuat rentang harga tidak terlalu besar.

Ditambahkan, BI juga membangunkan gudang bagi petani yang dapat menyimpan cabai lebih lama hingga dua bulan dengan menggunakan teknologi ozon. Dengan teknologi itu, ketika panen melimpah dan harga sedang turun maka cabai yang ada bisa disimpan terlebih dahulu dan baru dikeluarkan ketika harga mulai stabil.

“Kelompok petani cabai Giri Makmur ini, nanti ketika panen raya bisa menyimpan cabai di gudang ini, karena dapat menyimpan cabai hingga dua bulan dan tidak mengalami penyusutan. Ketika panen dan harga turun tidak perlu dijual semua, cukup dijual sesuai kebutuhan, sisanya dijual kembali ketika harga relatif sama,” ujarnya.

Asisten Pemerintahan Kabupaten Magelang, Eko Triono menyambut positif jalinan kerjasama ini. Kata dia, Pemkab Magelang juga memiliki program pengembangan cabai jangka menengah yang dimulai tahun 2016-2019 untuk stabilitas pasokan dan harga cabai dan program jangka panjang tahun 2020-2024 yang mendukung swasembada cabai nasional dan ekspor cabai.

“Semoga kerjasama ini bisa berjalan baik, dan saling sinkron dengan program pengembangan cabai di Kabupaten Magelang yang kami susun,” ucapnya.

Sementara itu, sebagai wujud pelaksanaan tugas BI dalam pengendalian inflasi, terutama inflasi dari volatile food, KPwBI Jateng bersama dengan stakeholders telah melaksanakan program pengendalian inflasi melalui pengembangan klaster sejak tahun 2015.

Bank Indonesia sendiri telah hadir di Kabupaten Magelang sejak tahun 2014 untuk bersama-sama pemerintah mengembangkan perekonomian, diantaranya melalui program, klaster ikan air tawar di Sawangan, klaster sapi perah terintegrasi hortikultura di Kecamatan Ngablak, klaster bawang putih di Kecamatan Kaliangkrik, dan program pengembangan industri kreatif berbasis kesenian rakyat di Borobudur. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

XL Axiata Operasikan BTS USO di Kawasan Timur Indonesia

JAKARTA- PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun infrastruktur jaringan 4G ke berbagai wilayah terpencil di Kawasan Timur...

Mengenal Lebih Dekat GM Patra Semarang Hotel & Convention

SEMARANG - Pria kelahiran Sidoarjo Jawa Timur ini mengawali karirnya sebagai seorang Pengajar, namun sejak tahun 1993 memutuskan...

Pertamina Tanam 5000 Mangrove

CILACAP– Integrated Terminal Cilacap yang merupakan unit operasi dari Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, kembali melakukan...

Griya Riset Indonesia Siapkan Generasi Unggul Melalui Riset dan Kepenulisan

SEMARANG - Griya Riset Indonesia (GRI) hadir sebagai wadah yang membangun mental dan nalar ilmiah generasi muda yang memiliki...
- Advertisement -spot_imgspot_img

BMW Astra Card, Keanggotaan Ekslusif dengan Berbagai Manfaat

JAKARTA - Sebagai bentuk layanan menyeluruh dari BMW Astra untuk para pelanggan, BMW Astra memberikan BMW Astra Card untuk...

Reformasi Struktural Jadi Kunci Percepatan Pemulihan Ekonomi

JAKARTA – UOB Indonesia memproyeksikan, perekonomian Indonesia akan tumbuh setidaknya lima persen pada tahun 2022. Hal ini seiring dengan...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda