Ekonomi BisnisBI Proyeksi Ekonomi Jateng Tumbuh Hingga 5,8% pada 2020

BI Proyeksi Ekonomi Jateng Tumbuh Hingga 5,8% pada 2020

-

- Advertisment -spot_img

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Soekowardojo (kanan) dan Plt Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Heru Setiadhie saat memberikan keterangan kepada wartawan, Kamis (5/12/19).

SEMARANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah memproyeksikan kondisi perekonomian Jawa Tengah akan tumbuh lebih tinggi di rentang 5,4-5,8% di tahun 2020 dengan inflasi yang terjaga pada kisaran 3,0±1%.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Soekowardojo mengatakan, optimistis pertumbuhan ekonomi tersebut tercapai dan akan semakin meningkat ke depannya hingga mencapai 7% di tahun 2023.

“Ke depan, prospek ekonomi Indonesia, termasuk Jawa Tengah, akan lebih baik di tahun 2020 dan akan semakin baik lagi dalam jangka menengah-panjang,” ujar Soekowardojo, Kamis (5/12/19).

Namun demikian, kata dia untuk mencapai pertumbuhan tinggi dan berkualitas, bukanlah pekerjaan yang mudah. Tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi, harus disertai pula dengan inflasi yang rendah dan terkendali. Peran Perbankan juga perlu lebih ditingkatkan terutama dalam pembiayaan infrastruktur strategis.

“Pembangunan infrastruktur khususnya infrastruktur yang meningkatkan konektivitas, diharapkan dapat lebih mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerah karena memiliki multiplier effect yang besar. Berikutnya untuk mendorong pertumbuhan lebih tinggi, daya saing dan produktivitas harus terus ditingkatkan,” jelasnya.

Ia menambahkan, industri yang menopang ekspor manufaktur dan pariwisata juga harus terus didorong untuk bertumbuh lebih baik lagi.

Sementara itu, sektor pariwisata lanjutnya perlu ditingkatkan produktivitasnya dalam menarik potensi wisatawan asing agar turut berperan dalam perbaikan defisit di neraca jasa.

“Digitalisasi tidak boleh terlupakan dalam pengembangan ekonomi Jawa Tengah. Inovasi digital mampu memperkuat keterhubungan antar pelaku ekonomi,” pungkasnya. 

Sementara itu, Plt Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Heru Setiadhie mengatakan, Pemprov turus berupaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi Jateng hingga 7% tersebut.

Menurutnya, ada tiga hal yang menjadi perhatian yaki penyederhanaan perizinan dan kecepatan pelayanan kepada investor. Kemudian dukungan infrastruktur dan kepastian lahan.

“Jangan sampai investor tidak ada kepastian harga lahan, harus ada Perdanya,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Subholding Gas Bersinergi Serahkan Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

YOGYAKARTA – Subholding Gas Grup sebagai bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) bersinergi dalam menyerahkan bantuan oksigen sebanyak...

Qurban Dermawan Menyapa Masyarakat Urban Semarang

SEMARANG - Dibalik megahnya Ibu Kota Jawa Tengah ternyata masih ada wilayah terpinggirkan yang masyarakatnya tidak berkesempatan menikmati lezatnya...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina MOR IV Bagikan 8.026 Paket Daging Qurban untuk Warga Sekitar

SEMARANG – Merayakan Idul Adha 1442 H, Pertamina melaksanakan potong hewan qurban dengan total sebanyak 85 ekor yang terdiri...

Stimulus Kelistrikan, Upaya Pemerintah Membantu Masyarakat di Tengah Pandemi

JAKARTA - Selama Pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia cukup banyak mengeluarkan program bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Mulai dari...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda