BPBD Demak Waspadai Potensi Banjir di 11 Kecamatan

Istimewa.

SEMARANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak mewaspadai terjadinya banjir di 11 kecamatan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak, M Agus Nugroho mengatakan, terdapat 11 kecamatan di Demak yang memiliki potensi dilanda banjir, terlebih di daerah yang dekat dengan aliran sungai besar.

“Sebagai daerah paling bawah atau hilir, Demak ini dilewati 14 sungai besar, dan potensi banjir tentu yang ada di dekat sungai,” ujarnya, Senin (18/11/19)

Adapun sejumlah wilayah yang menjadi perhatian yakni warga di sekitar Kali Dumbo, Babon, Wulan, Serang, Setu, Cabean dan sejumlah sungai lainnya yang menjadi penyebab banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak, M Agus Nugroho.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat agar mulai bersiap-siap untuk mengantisipasi potensi banjir tersebut karena puncak musim penghujan di Demak diprediksi akan terjadi pada Desember.

Ia menambahkan, selain potensi banjir masyarakat juga diimbau adanya kemungkinan angin kencang dan tanah longsor apabila terjadi hujan deras.

“Mulai sekarang masyarakat bisa segera mulai melakukan bersih-bersih sungai agar tidak menghambat aliran airnya, kemudian cek tanggul kritis, dan buatlah sumur resapan,” katanya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here