spot_img
Ekonomi BisnisBPOM Pastikan Produk Sido Muncul Aman

BPOM Pastikan Produk Sido Muncul Aman

*Tak Mengandung Bahan Berbahaya

-

- Advertisment -spot_img

ZONAPASAR.COM, JAKARTA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia menegaskan produk Sido Muncul tidak mengandung bahan berbahaya, seperti Etilen Glikol (EG), Dietelin Glikol (DG), Sorbitol dan Gliserin/Gliserol yang menjadi penyebab gagal ginjal. Dengan begitu, produk Tolak Angin dan Tolak Linu, serta suplemen Sido Muncul AMAN dikonsumsi.

Penegasan tersebut disampaikan Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, Sabtu (5/11/2022), usai menerima surat pemberitahuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Surat tersebut memastikan obat tradisional dan suplemen kesehatan yang telah diproduksi Sido Muncul, telah sesuai dengan standar dan persyaratan yang telah ditetapkan.

Surat BPOM bernomor B-RG.02.01.4.42.11.22828 tertanggal 2 November 2022, ditandatangani Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional Suplemen Kesehatan dan kosmetik BPOM, Dra Reri Indriani Apt MSi. Surat tersebut berisikan penulusuran database registrasi BPOM produk sirup atau cair obat itu, sebagai upaya untuk melindungi masyarakat dari resiko peredaran obat tradisional dan suplemen kesehatan yang tidak memenuhi persyaratan dan mutu keamanan, termasuk dari cemaran Polietilen Glikol, Propilen Glikol, Sorbitol dan Gliserin.

“Produk kami dalam sediaan cair, diantaranya Tolak Angin, Tolak Angin Anak, Tolak Angin Flu, Tolak Angin Linu dan Esemag sama sekali tidak mengandung cemaran Etilen Glicol (EG) dan Dietilen Glicol (DEG),” tegas Irwan.

Menurut Irwan, dalam setiap tahap proses pembuatan jamu atau obat tradisional, seluruh produknya sudah melewati beberapa tahapan skrining, mulai dari skrining bahan baku, hingga produk yang siap dijual. Skrining dilakukan dengan standar CPOBT yang ketat, di bawah pengawasan BPOM.

“Semua produk yang dikeluarkan Sido Muncul menggunakan rempah-rempah Indonesia dan tidak mengandung senyawa EG dan DEG. Jadi, semua produk Sido Muncul aman untuk tetap digunakan termasuk untuk anak-anak,” ungkap Irwan.

Bahkan, lanjutnya, untuk memastikan Tolak Angin dan Tolak Linu tidak mengandung Etilen Glikol dan Dietelin Glikol, Sido Muncul telah membeli peralatan baru dari Amerika. Mesin tersebut digunakan untuk melakukan deteksi tes DNA dan menjamin seluruh produk perusahaan jamu dan obat herbal tersebut aman serta halal dikonsumsi.

“Peralatan baru ini bakal menjadi yang pertama dan satu-satunya dimiliki oleh Sido Muncul. Bahkan, belum ada perusahaan lain yang memiliki alat tersebut. Selain karena mahal, tes semacam ini juga tidak diwajibkan,” ujarnya.

Dijelaskan, mesin buatan Amerika seharga Rp 2,8 miliar tersebut mampu mendeteksi 6 kandungan zat dalam produk. Adapun sebelumnya, Sido Muncul juga sudah memiliki mesin yang mampu mendeteksi 5 kandungan zat dalam produk, yakni logam berat, pupuk, aflatoxin, pestisida, dan DNA babi.

“Investasi mesin untuk deteksi kandungan zat berbahaya ini penting, untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat. Sekaligus agar masyarakat lebih percaya pada produk Sido muncul,” tandas Irwan.(sav)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Telkomsel Dukung BKKBN Digitalasi Percepatan Penangan Stunting di Jawa Tengah

SEMARANG - Telkomsel bersama BKKBN melakukan sosialisasi penanganan stunting secara hybrid dengan menghadirkan dr. Irma Ardiana, MAPS Direktur Bina...

Terkait UMK 2023, SPN Berharap Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Perjuangkan Aspirasi Buruh

SEMARANG, ZONAPASAR.COM - Serikat Pekerja Nasional (SPN) Jawa Tengah berharap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan menyetujui usulan buruh...

DPRD Pati Minta Masyarakat Waspadai Banjir Musiman

ZONAPASAR.COM, PATI - Sejumlah wilayah di Kabupaten Pati dilanda banjir beberapa waktu lalu.   Salah satu penyebabnya adalah wilayah geografis Pati...

Soroti Kasus HIV, DPRD Pati Ungkap Upaya Pengendaliannya

ZONAPASAR.COM, PATI - Anggota DPRD Kabupaten Pati, Muntamah turut menanggapi terkait kasus HIV.   Menurut Muntamah, salah satu penyebab maraknya kasus...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Peringati HGN, DPRD Pati Sebut Guru Pelita Dunia

ZONAPASAR.COM, PATI - Anggota DPRD Kabupaten Pati turut buka suara terkait peringatan Hari Guru Nasional (HGN) yang dirayakan setiap...

XL Axiata Future Leaders Gelar Pelatihan IoT Untuk Mahasiswa

ZONAPASAR.COM, JAKARTA - Masifnya pertumbuhan dan perkembangan teknologi digital membuat perubahan di berbagai bidang kehidupan nampak semakin terasa. Adanya kemudahan...

Must read

Hadirkan Konten Video Premium untuk Pelanggan, Smartfren Tandatangani Kerja Sama Ekslusif dengan Vision+

JAKARTA – Smartfren menjadi operator pertama di Indonesia yang...

Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia Lakukan Tes IVA Kepada 500 Karyawan Perempuan Sido Muncul

  ZONAPASAR.COM, SEMARANG - Setiap perempuan berisiko untuk terkena kanker leher...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda