BRI Kucurkan Rp 500 Juta Percantik Sungai di Semarang

Pemimpin Wilayah BRI Semarang, Erizal, Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, beserta jajaran BRI dan Pemkot Semarang Jumat (13/119), melakukan peletakan batu pertama kegiatan Konservasi Kali Semarang, di Kalisari Semarang.

SEMARANG – Bank BRI terus menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya. Kali ini, bersamaan momentum HUT ke-124, BRI turut ambil bagian dalam upaya mempercantik ‘Kali Semarang’ melalui program CSR bertajuk ‘Peningkatan Konservasi Sungai Semarang’.

Bantuan ‘BRI Peduli’ senilai Rp500 juta diserahkan secara simbolis oleh Pemimpin Wilayah BRI Semarang, Erizal, kepada
Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Jumat (13/12/19), di Kalisari Semarang.

Pemimpin Wilayah BRI Semarang, Erizal mengatakan, bantuan senilai Rp500 juta dialokasikan untuk pengerukan dan pembersihan Kali Semarang, serta peningkatan sarana dan prasarana sekitar Kali Semarang. Dalam hal ini termasuk penghijauan, pembangunan selfie spot, khususnya di Kali Semarang yang masuk wilayah Kalisari, Semarang.

“Program Peningkatan Konservasi Kali Semarang ini sengaja dipilih BRI untuk mendukung program Pemkot Semarang dalam upaya pengembangan Kota Semarang di bidang penataan lingkungan, sekaligus pariwisata. BRI menargetkan proyek ini bisa selesai dalam 2 bulan ke depan,” katanya, disela Peletakan Batu Pertama Public Space ‘Peningkatan Konservasi Sungai Semarang’, di Kalisari Semarang.

Menurut Erizal, dalam rangkaian HUT BRI ke-124 ini, BRI secara total di Kota Semarang saja sudah mengucurkan bantuan CSR sebesar Rp1,296 miliar. Jumlah tersebut sebelumnya telah digunakan untuk bedah rumah tidak layak huni, pelatihan UMKM, penyuluhan serta pendampingan, termasuk untuk mempercantik Kali Semarang.

“Kalau secara umum di Kota Semarang, sepanjang tahun 2019 BRI sudah menyalurkan CSR senilai Rp 5.2 miliar, termasuk untuk peningkatan usaha rakyat, peningkatan usaha kalangan pondok pesantren, dan lain-lain,” ungkapnya.

Adapun di seluruh area Kanwil BRI Semarang, lanjut Erizal, sedikitnya sudah digelontorkan dana CSR Rp13 miliar. Jadi, dari jumlah tersebut, setidaknya 30 persen sendiri yang dialokasikan untuk Kota Semarang.

Terkait kinerja BRI di Kota Semarang hingga November 2019, Erizal menuturkan, BRI telah mengucurkan kredit sebesar Rp6,5 triliun. Kredit tersebut dinikmati oleh 87.049 penerima manfaat yang terdiri dari kalangan pelaku UMKM dan mikro.

Sedangkan dari sisi simpanan, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Jika pada tahun 2017 tercatat simpanan nasabah BRI di Kota Semarang mencapai Rp8 triliun, maka pada tahun 2018 naik menjadi Rp8,7 triliun.

“Simpanan nasabah BRI di Kota Semarang hingga November 2019 tercatat Rp9,3 triliun, dengan lebuh dari 1 juta rekening nasabah penyimpan di BRI,” terang Erizal.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyatakan apresiasinya kepada BRI. Program CSR Kali Semarang ini dinilai sangat mendukung program Smart City yang tengah gencar dilakukan oleh Pemkot Semarang.

“Pengembangan Kota Semarang bukan hanya tanggung jawab Pemkot Semarang saja. Dibutuhkan pula peran serta stakeholder seperti BRI ini. Semoga BRI makin sukses,” tegasnya.

Hevearita juga berharap, Peningkatan Konservasi Sungai Semarang ini tidak hanya sampai di Kalisari saja, tapi nanti bisa sampai belakang Komplek Balaikota, bahkan sampai Bandarharjo. Jadi, nanti masyarakat bisa naik sampan dari Kalisari sampai ke Kota Lama.

“Ini nanti bisa jadi salah satu destinasi wisata unggulan Semarang yang tidak mau kalah dengan daerah lain. Tak perlu lagi jauh-jauh ke Eropa,” pungkasnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here