UmumKesehatanCaleg Depresi Disarankan Lakukan Tes Psikoterapi

Caleg Depresi Disarankan Lakukan Tes Psikoterapi

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Pengelola Rumah Sakit Jiwa Amino Gondohutomo Semarang menyarankan kepada para calon legislatif (caleg) yang gagal dalam bursa Pileg 2019, supaya lekas menjalani psikoterapi untuk mendeteksi gejala awal gangguan kejiwaan.

Wakil Direktur Medik, RSJ Amino Gondohutomo Semarang, Erlina Rumanti mengatakan, layanan psikoterapi akan diberikan oleh para dokter kejiwaan yang standby di rumah sakitnya. Berbagai pelayanan akan diberikan untuk mendeteksi segala kemungkinan.

Disebutnya, berapa banyak potensi caleg yang depresi tidak bisa di prediksi dalam waktu singkat. Biasanya baru terdeteksi sebulan setelah hasil rekapitulasi suaranya ditetapkan oleh KPU.

“Caleg yang menjalani psikoterapi akan dilayani oleh para dokter kejiwaan yang standby di rumah sakitnya. Perawatan psikoterapi yang di berikan Caleg meliputi konseling dengan psikolog yang disediakan oleh pihak RSJ,” kata Erlina, Senin (23/4/19).

Menurutnya pihak rumah sakit saat ini menyediakan sejumlah bangsal VIP, kemudian ada pula bangsal kelas satu, kelas dua dan kelas tiga.

Pihaknya juga memberikan ragam fasilitas kemudahan bagi pasien terutama caleg yang ingin berobat berupa layanan BPJS maupun pembayaran tunai.

“Kita punya 366 tempat tidur, tapi hampir 300 kasur dipakai buat pasien-pasien yang mengalami gangguan jiwa. Saat ini 70 persen tempat tidur sudah terisi oleh para pasien,” ujarnya.

Berdasarkan pengalamannya pada Pemilu 2014, ia mengaku mendapati dua caleg yang berobat lantaran mengalami guncangan jiwa setelah dinyatakan kalah dalam penghitungan suara.

“Di rumah sakit kami ada delapan psikiater dan enam psikolog. RSJ Amino Gondohutomo juga melayani rawat jalan sesuai diagnosa dokter kejiwaan. Rawat jalan dilayani pukul 07.00-16.00 WIB,” ucapnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Siap Serap Listrik 5 MW dari PLTSa Terbesar di Jawa Tengah

SURAKARTA - PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)...

‘CB150R Charity’ Kumpulkan Rp8 Juta Untuk Anak Disabilitas

SOLO – Astra Motor Jateng bersama dengan Trooper Custom resmi mengakhiri program “CB150R Charity Ride” dengan melakukan live Instagram...

Dukung Energi Hijau, PLN Siap Serap Listrik dari PLTSa Terbesar di Jateng

SURAKARTA- PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Surakarta...

Hotel Santika Pekalongan Rutin Gelar Simulasi Pemadam Kebakaran

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan Sebagai salah satu hotel berbintang yang ada di Kota Pekalongan menggelar Simulasi Fire Drill...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Indosat Ooredoo Hutchison Siap Jadi Perusahaan Telekomunikasi Paling Dipilih di Indonesia

SEMARANG – Indosat Ooredoo Hutchison telah mengumumkan penyelesaian penggabungan usaha pada 4 Januari 2022 lalu, setelah menerima semua persetujuan...

Membanggakan, Desa Wisata Bakti BCA Torehkan Prestasi Gemilang

JAKARTA– PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) melalui program Corporate Social Responsibility senantiasa berkomitmen memberikan kontribusi bagi negeri ini....

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda