NasionalCatat! Seleksi CPNS Bakal Dibuka Agustus dan Oktober 2019

Catat! Seleksi CPNS Bakal Dibuka Agustus dan Oktober 2019

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan pemerintah akan membuka lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk formasi tenaga teknis non administrasi pada Agustus dan Oktober 2019.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengatakan, total kebutuhan ASN sebanyak 254,175 orang. Dibagi pemerintah pusat sebanyak 46 ribuan, pemerintah daerah 207,748 orang.

“Dibagi untuk pusat 23,213 PNS, dan 23,212 PPPK. Untuk daerah PNS 62,326, kebutuhan PPPK guru dan tenaga kesehatan 145,424,” kata Men PANRB, disela Rakernas APEKSI XIV di Hotel Po Semarang, Rabu (3/7/19).

Dikatakan, kebutuhan tersebut telah terpenuhi sebagian pada rekruitmen bulan Januari 2019, pada penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) fase pertama mencapai 51,293 peserta.

“Yang 150 ribuan untuk PPPK rekrutmen paling lambat 17 Agustus, sisanya rekruitmen PNS pada bulan Oktober. Melesetnya Minggu pertama bulan November,” ucapnya.

Syafrudin menyebut, rekruitmen CPNS dan PPPK sengaja dilakukan pada tri semester akhir tahun lantaran melihat kesanggupan APBD masing-masing daerah.

“Sesuai pesan Menkeu karena dananya ada pada bulan itu, maka bagi daerah supaya bisa menyesuaikan DAU APBD. Kemenkeu akan memback up juga,” imbuhnya.

Pihaknya juga meminta kepada para wali kota untuk segera mengajukan formasi tenaga guru dan tenaga kesehatan. Juga bagi pemerintah daerah untuk mengalokasikan minimal dua persen rekruitmen CPNS penyandang difabilitas.

“Bu Airin dan wali kota lainnya bisa mulai mengalokasikan minimal dua persen CPNS difabilitas, bisa sebagai tenaga teknis komputer itu banyak dari mereka ahli,” bebernya.

Men PANRB juga mengingatkan kepada para ASN untuk tidak terlibat kasus korupsi. Kebijakan punishment di lingkungannya telah melakukan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) bagi yang tersangkut korupsi. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Derma 9 Rambah Pasar Skincare, Bisa Gabung Jadi Agen dan Reseller

SEMARANG - Klinik kecantikan Derma 9 serius menggarap pasar skincare untuk memberikan produk perawatan kecantikan yang terbaik. Derma 9 telah...

Springbed Kesehatan Makin Diminati Konsumen di Semarang

SEMARANG - Kasur springbed kesehatan untuk tulang belakang makin diminati oleh konsumen di Semarang, Jawa Tengah selama tahun 2021. Banyak...

Polri dan Pertamina Bongkar Praktik Penyalahgunaan BBM Subsidi di Cilacap Rugikan Negara Rp 49 Miliar

SEMARANG - Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Korpolairud Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri bersama Pertamina membongkar penyalahgunaan dan penimbunan BBM...

XL Axiata Business Solutions Raih Sertifikasi ISO 22301:2019

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions berhasil meraih Sertifikasi ISO 22301:2019 yang merupakan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Hotel Santika Pekalongan Gunakan Bahan Plastik Mudah Terurai Jaga Lingkungan

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan terus mendukung pemerintah untuk menggunakan bahan plastik yang ramah lingkungan untuk segala keperluan. Hotel Santika...

Musda XV HIPMI Jateng: Dua Calon Ketua Umum Janji Siap Kolaborasi dan Sinergi

SEMARANG - Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Tengah ke XV segera digelar pada 28 -...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda