DHL Express Tanamkan Investasi Rp 49 Miliar di Semarang

Direktur PT Birotika Semesta, Rocky Pesik (kiri), Direksi PT Bonanza Megah, Adhie Nugroho Gautama, Aviation and Cargo Section Head Angkasa Pura I, Heryadi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Ulfi Imran Basuki, Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia, Ahmad Mohamad, Kepala Bidang Fasilitas Kepabaean & Cukai Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea & Cukai Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Juli Tri Kisworini, dan Kepala Satuan Tahanan dan Barang Bukti, Komandan Polisi Suranto dalam acara groundbreaking gateway DHL Express di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (6/12).

SEMARANG- DHL Express, penyedia layanan ekspres internasional terkemuka di dunia, hari ini secara resmi melakukan acara groundbreaking terminal kargo (gateway) terbarunya di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Fasilitas baru dengan investasi awal sebesar Rp 49 miliar (EURO 3,4 juta) ini akan melayani peningkatan kebutuhan pengiriman di Jawa Tengah yang meningkat pesat, dengan kapasitas yang mampu memproses satu juta pengiriman per tahun.

Berlokasi di Jalan Pamularsih, Semarang Barat, fasilitas ini akan menghubungkan bisnis di Jawa Tengah, terutama Semarang, ke pasar internasional.

Senior Technical Advisor untuk DHL Express Indonesia, Ahmad Mohamad mengatakan, fasilitas ini akan berfungsi sebagai gateway dan bonded zone/TPS (Tempat Penimbunan Sementara) serta regulated agent dengan keahlian screening untuk ekspor.

“Sebagai bagian dari jaringan internasional di lebih dari 220 negara dan teritori, fasilitas DHL Express terbaru di Semarang menyediakan akses Iangsung ke pelanggan di seluruh dunia bagi para pebisnis di Jawa Tengah. lnvestasi terbaru ini membawa total investasi DHL di Indonesia selama enam tahun terakhir menjadi lebih dari Rp 600 miliar (sekitar 44 juta EURO),” ujar Ahmad Mohamad, Kamis (6/12).

Ahamad Mohamad mengemukakan, fasilitas ini akan memungkinkan DHL Express menyediakan layanan logistik ekspres internasional terbaik di kelasnya bagi para pebisnis di kota ini. “Kalau dibanding dengan tempat yang sudah ada, ini jauh lebi besar, hampir 6000 liter dan buildingnya 31. Ini bisa menampung barang sekurang-kurangnya untuk lima tahun kedepan,” ucapnya.

Kepala DPMPTSP Kota Semarang, Ulfi Imran Basuki mengatakan, Pemerintah Kota Semarang menyambut positif dengan dibangunnya fasilitas baru DHL Express tersebut. Pihaknya optimis keberadaannya akan turut mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Semarang lebih baik lagi.

“Kami berharap DHL dapat terus bersinergi dengan Pemkot Semarang dalam segala pelaksanaan program pembangunan yang ada. Kami optimis DHL bisa berperan lebih dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Selamat atas groundbreaking dan semoga dapat berjalan lancar dan dapat memberi manfaat bagi masyarakat Kota Semarang,” jelasnya.

Sementara itu, dengan dikelola oleh 30 Spesialis internasional Bersertifikat, fasilitas seluas 3,084 meter persegi di atas tanah seluas 5.950 meter persegi ini akan dilengkapi dengan peralatan canggih, seperti unit dual view X-ray yang memberikan citra yang Iebih jelas untuk proses pemindaian, Explosive Vapor and Trace Detector, dan motorized conveyor system untuk meningkatkan efisiensi dalam pemrosesan barang kiriman.

Rancangan fasilitas mempertimbangkan pedoman sertifikasi keamanan Transported Asset Protection Association (TAPA) yang menggunakan penerapan standar keamanan tertinggi untuk mengangkut pengiriman melalui sistem rantai pasok.

Fasilitas yang dilengkapi Iebih dari 100 kamera keamanan digital dengan timestamp, alarm kebakaran dan penyusup, serta memberlakukan akses terbatas ke area tertentu. Gateway ini akan mendapatkan sertiflkasi TAPA setelah pembangunan gedung selesai.

Gateway di Semarang yang baru ini adalah satu di antara beberapa investasi yang telah dikukuhkan oleh DHL Express Indonesia dalam tahun ini, termasuk juga service center di Pulogadung dan Jakarta Distribution Center yang berlokasi di Soewarna Business Park, Cengkareng. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here