Ekonomi BisnisDinkop Jateng Dorong UKM Naik Kelas

Dinkop Jateng Dorong UKM Naik Kelas

-

- Advertisment -spot_img

Pramuniaga di Galeri UKM Jateng, Nika Mustikayani saat menunjukkan aneka produk galeri UKM yang ada di Bandara Ahmad Yani tersebut.

SEMARANG – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Jawa Tengah terus mendorong agar UKM di provinsi ini naik kelas.

Sekretaris Dinas Koperasi, UKM Provinsi Jawa Tengah Bima Kartika mengatakan, perkembangan UKM di Jateng yang tumbuh signifikan harus diikuti pula dengan perbaikan kualitas UKM itu sendiri, agar mampu bersaing.

Adapun saat ini, dari data BPS jumlah UMKM di Jateng telah mencapai 4,8 juta. Sedangkan dari data Dinkop, total telah ada 137.000 UMKM yang dibina oleh Dinkop.

“Perkembangan UKM di Jateng tumbuh bagus, meningkat siginifikan. Namun peningkatan jumlah tersebut harus diimbangi perkembangan kualitas juga. Untuk itu kita dorong segera meningkat, kita punya program UKM naik kelas,” ujarnya, Selasa (12/3/19).

Dikatakan, dorongan Dinkop berupa adanya pendampingan, pelatihan, dan juga fasilitas penunjang bagi UKM. Dukungan itu diharapkan, terutama bagi UKM baru agar bisa tumbuh.

“Persoalan UKM biasanya ada masalah dengan modal, SDM, bahan baku, pemasaran, dan managementnya. Untuk itu, adanya pembinaan dari Dinkop kita berharap kendala-kendala itu bisa diatasi sehingga UKM mampu berkembang, dan ke depan tahap demi tahap bisa naik kelas,” jelasnya.

Ditambahkan, Dinkop juga melakukan sertifikasi kepada UMKM untuk membangun kepercayaan konsumen, karena branding sangat penting untuk penjualan produk-produk UKM tersebut.

“Kami juga mendorong produk UMKM bisa dipasarkan di tempat-tempat strategis, seperti di Bandara Ahmad Yani, sekarang ada 700 item produk dari UMKM se-Jateng. Dan di rest area, mulai Brebes hingga Sragen supaya rest area tersebut bisa menjadi tempat pemasaran UKM di daerah sekitar,” tandasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Jangkau Publik Lebih Besar Mengenal Solusi HVAC, LG Perkenalkan Showroom Virtual

JAKARTA— Memanfaatkan terapan teknologi digital, LG Electronics (LG) memperkenalkan sebuah ruang pamer online yang dibuat khusus bagi produk solusi...

PLN UP3 Purwokerto Sinergi Terangi Negeri

PURWOKERTO - PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwokerto, melaksanakan Multi Stakeholder Forum (MSF) Tahun 2021 Kamis...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Profil dan Biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata Lengkap, Pendidikan hingga Berbagai Pengalamannya

SEMARANG - Profil dan biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata lengkap dari pendidikan hingga berbagai pengalamannya. Anda...

Dukung PTM dan Masa Libur Akhir Tahun, Link Net Salurkan 5.000 Healthy Kit

JAKARTA – Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk menekan potensi penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM)...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda