DPRD Jateng Dorong Pemerintah Tingkatkan Mitigasi Bencana

Istimewa.

SEMARANG- Komisi E DPRD Jateng mengimbau semua jajaran di pemerintahan untuk mempersiapkan diri dalam penanganan bencana, terutama pencegahan untuk mengurangi korban.

“Walaupun jika sudah terjadi bencana, alat hanya sekian persen untuk menunjang, namun kesiapan manusianya saat terjadi bencana mencapai 35%. Ini harus kita baut pendidikan dan pelajaran kepada masyarakat,” ujar Rusdianto, Jumat (5/10).

Jamaluddin menambahkan, pelatihan-pelatihan peningkatan SDM untuk bencana sesuai dengan jenjang kemampuan potensi masing-masing, dan antisipasi khusus juga perlu disiapkan.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Rembang, Purwadi Samsi mengatakan, BPBD telah memiliki program penyelenggaraan pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana, program penyelenggaraan penanganan darurat dan logistik serta program penyelenggaraan rehabilitasi dan rekontruksi.

“Kami mengadakan aksi tanggap darurat antara lain pemenuhkan kebutuhan dasar, pemulihan segera sarana dan prasarana vital. Disini kami juga sudah ada 34 PNS, 9 non-PNS, 10 Satgas dan mempunyai 150 sukarelawan dimana kami bagi satu atau dua orang untuk memantau tiap desa di Rembang,” jelasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here