Ekonomi BisnisGanjar Izinkan Simulasi Wisata Candi Borobudur

Ganjar Izinkan Simulasi Wisata Candi Borobudur

-

- Advertisment -spot_img

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan izin Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) untuk melaksanakan simulasi pembukaan destinasi wisata. Simulasi tersebut diharapkan berlangsung sukses, dan menjadi proyek percontohan.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng Nugroho Rachmadi mengatakan, TWCB telah mengajukan konsep pelaksanaan simulasi dalam menyongsong new normal. Dan, saat ini pengajuan itu sudah mendapat izin dari Gubernur Jawa Tengah.

“Konsep simulasi yang diajukan telah kami pelajari, telaah dan cermati, lalu kita ajukan ke Pak Gubernur, dan mendapat izin karena memenuhi standar protokol kesehatan pelaksanaan simulasi,” ujar Sinoeng usai Rapat Evaluasi Perkembangan dan Penanganan Covid-19 di Ruang Rapat Gedung B lantai 5 Provinsi Jawa Tengah, Senin (8/6/2020).

Pelaksanaan simulasi TWCB tersebut berlangsung, Rabu (10/6/2020) sekitar pukul 09.00 WIB. Ada 50 peserta dan rencananya akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah.

“Kami minta jumlah peserta dibatasi, dan pihak TWCB mengatakan ada 50 peserta meliputi manajemen, Pemkab Magelang, Pemprov, rencananya Pak Gubernur juga akan hadir, dan pelaku simulator,” ungkapnya.

Sinoeng menambahkan, pelaksanaan simulasi tersebut untuk memahami dan menguasai protokol kesehatan di destinasi wisata, dalam menjalani new normal di tengah pandemi Covid-19.

“Yang penting dalam simulasi adalah adanya petugas evaluasi, yang akan mengawal proses simulasi itu berjalan sesuai protokol kesehatan. Bukan hanya sekali, tapi simulasi dilakukan minimal dua kali, dengan masing-masing dievaluasi dengan cermat dan matang,” paparnya.

Mantan Kepala Satpol PP Jateng ini berharap, pelaksanaan simulasi TWCB tersebut berjalan lancar dan sukses, sehingga menjadi proyek percontohan.

“Mudah-mudahan simulasi ini menjadi masterpiece piloting destinasi wisata lainnya, dalam menggunakan protokol kesehatan,” harapnya.

Selain di Candi Borobudur, Disporapar Provinsi Jawa Tengah juga mendorong wisata-wisata di tingkat desa, terutama pada wilayah zona hijau, untuk melakukan simulasi serupa.

“Hal yang sama juga kami dorong untuk desa wisata. Tentu, wisata yang berada di zona hijau,” imbuhnya.

Sementara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menuturkan, pihaknya telah mempersiapkan semua sektor dalam menghadapi penerapan new normal.

“Karena ada permintaan banyak soal normal baru, maka saat ini kami sedang menyusun norma baru. Meski belum dilaksanakan normal baru, setidaknya norma baru yang kita siapkan ini bisa menjadi panduan agar nantinya pelaksanaan normal baru bisa lancar,” tandasnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Lebih Dari 20 Ribu Pelanggan Manfaatkan Promo Tambah Daya PLN

JAKARTA – Program promo tambah daya listrik “Ramadan Peduli“ dan "Ramadan Berkah" disambut baik oleh pelanggan. Hingga 16 Mei...

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda