UmumTransportasiGanjar Pastikan Tol Salatiga - Surakarta Bisa Dilalui Saat...

Ganjar Pastikan Tol Salatiga – Surakarta Bisa Dilalui Saat Natal

-

- Advertisment -spot_img

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat di pintu Tol Salatiga, Jumat (14/12).

SEMARANG- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan jalan tol ruas Salatiga – Surakarta bisa digunakan untuk arus libur natal dan tahun baru 2019 (Nataru). Saat ini progres pengerjaan hanya menyisakan finishing talut, jembatan dan dinding tepi jalan.

“Sudah siap, untuk bangunan utama sudah tembus (Semarang – Solo). Tinggal finishing yang kiri kanan ada talut harus diselesaikan, yang jembatan. Ternyata kemarin ibu menteri (Rini Soemarno) sudah lewat (ketika acara) tol transjawa ekspedisi tembus. Dan sudah dicoba semua. Kita mau pastikan dan ujicobanya libir natal tahun baru ini. Insyaallah sudah siap semuanya,” kata Ganjar, Jumat (14/12).

Jalan tol Semarang – Solo memiliki panjang total 72,64. Untuk tol Semarang – Salatiga telah beroperasi sejak tahun lalu. Sementara ruas tol Salatiga – Kartosuro sepanjang 32,6 km rencananya akan diresmikan pada 20 Desember mendatang.

“Rencana tanggal 20 Desember mau dibuka, rencana oleh presiden. Sekaligus jalan sampai tahun baru,” ucapnya.

Dikatakan, dengan selesainya pengerjaan jalan tol tersebut, waktu tempuh Semarang – Solo kini menjadi hanya 1,5 jam dari waktu normal sekitar 3 jam.

“Orang Semarang yang pengin ke solo cukup 1,5 jam atau sebaliknya. Kalau santai-santai ya 2 jam sambil ngopi-ngopi, mau istirahat sambil lihat pemandangan. Maka sekarang kita tinjau. Semalam saya juga sudah nyoba. Lumayan bagus,” terangnya.

Ganjar juga memastikan kesiapan suplai BBM untuk penggunaan total Semarang – Solo pada arus natal dan tahun baru nanti. Menurut Ganjar pada prinsipnya suplai BBM pada arus padat seperti liburan panjang natal dan tahun baru ini tidak jauh beda penanganannya dengan arus mudik.

“Kalau nanti sudah ujicoba mau natal ketika belum siap untuk dukungan (BBM) kita siapkan yang portabel. Kalau kerja ini SOP-nya sudah kita ujicoba berkali-kali. Maka dua tahun terkahir kalau kita bisa menyelenggarakan mudik bagus itu sudah jadi template kerja kita,” paparnya.

Ganjar berharap beberapa sektor turut terangkat dengan pembangunan infrastruktur ini. Pariwisata misalnya, Ganjar mengatakan bersama pemerintah daerah serta aktivis pariwisata pihaknya menyiapkan betul akses exit tol menuju kantong-kantong pariwisata. Bahkan untuk dinas pariwisata telah membuat semacam peta wisata Jawa Tengah untuk memudahkan wisatawan, terlebih libur akhir tahun ini cukup panjang.

“Rute-rute atau jalur wisata bisa didorong. Beberapakali setiap mudik, dinas pariwisata kita selalu membuat peta wisata dikasihkan kepada mereka. Kalau mereka pulang kemana dari titik mana ke arah mana titik wisata bisa kita guide. Mudah-mudahan besok bisa kembali kita buat. Besok liburnya empat hari. Kalau ada yang sudah libur sekolah pasti akan sampai setelah tahun baru. Jadi agak panjang,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ini Daftar Kompor Tanam Artugo Spesifikasi Lengkap dengan Harga Ekonomis

SEMARANG - PT Kreasi Arduo Indonesia (Artugo) meluncurkan berbagai jenis kompor tanam dengan spesifikasi lengkap, namun dengan harga yang...

3 Juta Investor Saham Terlampaui pada Penyelenggaraan CMSE 2021

JAKARTA – Pada pembukaan Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2021, Kamis (14/10), jumlah investor saham di Indonesia sudah...

Artugo Luncurkan Peranti Dapur dengan Spesifikasi Istimewa

SEMARANG - PT Kreasi Arduo Indonesia (Artugo) meluncurkan berbagai peranti perlengkapan dapur yang handal tidak hanya dari sisi fungsi,...

Peduli Covid-19, Telkomsel Salurkan Bantuan untuk Tenaga Medis dan Tenaga Pemulasaran Jenazah

SEMARANG - Tenaga medis merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 yang masih melanda salah satunya di Indonesia. Peran mereka...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CMSE 2021 Tingkatkan Jumlah Investor Pasar Modal

JAKARTA – Literasi serta edukasi pasar modal terus digencarkan oleh Self-Regulatory Organization (SRO) sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah investor...

Pertamax Bikin Mobil Antik Makin ‘Ngacir’

SEMARANG- Kegiatan 'touring' menjadi salah satu aktivitas rutin yang dilakukan oleh komunitas mobil. Untuk itu, pemilihan bahan bakar yang...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda