Ganjar Sarankan Guru Honorer Daftar PPPK

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyalami siswa usai memimpin upacara Hari Guru di SMAN 1 Semarang, Senin (25/11/19).
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyalami siswa usai memimpin upacara Hari Guru di SMAN 1 Semarang, Senin (25/11/19).

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyarankan guru honorer atau Guru Tidak Tetap (GTT) mendaftar sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ganjar mengatakan, persoalan guru honorer memang menjadi perhatiannya. Dia berharap, para guru honorer yang tidak bisa menjadi PNS, bisa mencoba menjadi PPPK.

“Selain itu, soal gaji kami sudah mengeluarkan surat edaran kepada bupati/wali kota untuk menggaji seluruh guru honorernya standar Upah Minimum Kabupaten/Kota. Dan itu sudah dilaksanakan dengan baik. Bagi yang belum, saya minta surat edaran itu dilaksanakan,” ujar Ganjar, Senin (25/11/19).

Ganjar pun mendorong agar Kemenpan RB dan Kemendikbud untuk duduk bersama memberikan solusi terhadap persoalan guru honorer atau GTT di Indonesia. Sehingga mereka diberikan kesempatan agar mendapatkan gaji yang layak.

“Bisakah kita mengubah regulasi, karena mereka tidak bisa jadi PNS. Izinkan mereka diberikan Surat Keputusan (SK), sehingga negara mengintervensi,” tegasnya.

Jika para guru honorer bisa mendapatkan pengakuan terhadap statusnya, maka kehidupan mereka akan lebih baik.

“Mungkin mereka tidak bisa menjadi PNS, tapi kalau tunjangan bisa diberikan dari sertifikasi, maka ini akan menambah pendapatan mereka. Sehingga hidupnya lebih sejahtera,” tutupnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here