Gerakan Indonesia Menabung, Semua Pelajar SMP di Jateng Bakal Punya Rekening

Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan 2019 di Kantor OJK Regional 3 Jateng DIY, Rabu (16/10/19).
Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan 2019 di Kantor OJK Regional 3 Jateng DIY, Rabu (16/10/19).

SEMARANG – Meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai inklusi keuangan, program Gerakan Indonesia Menabung akan melibatkan seluruh siswa SMP/sederajat di Jawa Tengah. Ditargetkan, pemahaman masyarakat mengenai inklusi keuangan akan menjadi 75 persen.

Saat ini, pemahaman masyarakat Jateng mengenai inklusi keuangan masih di angka 66,32 persen. Angka tersebut masih berada di bawah angka nasional yang mencapai angka 67 persen.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 3 Jateng DIY, Aman Santosa mengatakan, Gerakan Indonesia Menabung yang melibatkan siswa tingkat SMP tersebut menjadi upaya percepatan agar masyarakat Jateng lebih paham mengenai inklusi keuangan.

“Kalau anaknya menabung, otomatis ibu dan ayahnya atau bahkan saudaranya akan paham mengenai produk keuangan. Hal ini dapat menjadi pengaruh yang luar biasa,” kata dia, Rabu (16/10/19).

Selain menabung, tentu saja para siswa akan mendapatkan sosialisasi terlebih dahulu. Para siswa akan bisa membuat rekening walaupun tidak memiliki saldo di dalamnya. Bank-bank sudah diinvestasir dan dibagi dan diberi tugas masing-masing untuk membuatkan rekening siswa SMP yang tersebar di seluruh Jateng.

Sekda Jateng, Sri Puryono yang hadir mendukung Gerakan Indonesia Menabung tersebut. Menurutnya, gerakan untuk serius menabung tersebut penting. Hal tersebut juga berkaitan dengan pengetahuan masyarakat pada produk keuangan yang ada di tiap daerah.

“Sekarang bank sudah sampai pelosok. ATM juga sudah sampai kampung-kampung sehingga transaksi lebih mudah. Dengan pengetahuan tentang produk keuangan, diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang terjebak rentenir,” kata Sri.

Dijelaskan, menabung bagi anak seusia SMP memiliki manfaat, pertama, bentuk pengenalan pada produk keuangan. Kedua, menabung merupakan cermin anak cerdas karena sejak dini menyiapkan masa depan. Ketiga, menabung merupakan cermin keinginan membangun bangsa melalui kemampuan sendiri tanpa berhutang. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here