Hijaukan Wilayah Serapan, PLN Tanam 1000 Pohon di Medan Latih Kodam IV/Diponegoro

SEMARANG – PLN UID Jateng & DIY menggandeng Kodam IV/Diponegoro menghijaukan medan Latihan Drill NIS dan TIS Kodam IV/Diponegoro di Tembalang dengan melakukan penanaman 1000 pohon.

Penanaman pohon tersebut, tidak hanya untuk menghijaukan lokasi medan latihan, juga sebagai upaya untuk mengembalikan wilayah Semarang atas sebagai wilayah Serapan. Oleh karena itu dalam penanaman pohon tersebut dipilih pohon-pohon keras dan buah-buahan.

General Manager PLN UID Jateng & DIY, Agung Nugraha mengatakan, program penanaman pohoan tersebut merupakan program Nasional yang dilakukan secara serentak di seluruh unit PLN di Indonesia.”Total secara Nasional hari ini PLN menanam 22 ribu pohon. Untuk di wilayah Jateng dan DIY kita pusatkan di medan latih TNI AD, dengan menaman 2000 pohon, 1000 dari PLN dan 1000 dari TNI,” katanya, Rabu (28/11).

Menurut Agung, pada HMPI tahun 2018 ini, masing-masing PLN Unit Induk ditargetkan menanam 1.000 pohon, dengan jenis tanaman yang diprioritaskan adalah jenis tanaman produktif, dapat melestarikan alam, melestarikan tanaman khas lokal dan dapat mengurangi pencemaran.

“Pada kesempatan kali ini, dilakukan penanaman empat jenis pohon buah, yakni pohon durian, pohon mangga, pohon alpukat dan pohon nangka, masing masing sebanyak 200 pohon. Selain itu juga ada pohon kayu jati dan trembesi, masing masing sebanyak 100 pohon,” ungkapnya.

Melalui program penanaman pohon ini, diharapkan PLN dapat turut berpartisipasi dalam mencegah banjir, menjaga kualitas air tanah, mengurangi efek langsung sinar matahari sebagai pengontrol iklim, serta mencegah efek rumah kaca dan global warming.(Zp/04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here