02 2019 one stop shopping property

Horok-horok, Kuliner Unik Khas Jepara yang Wajib Kamu Cicipi

0
02 2019 one stop shopping property
Azzamaviero.com

BERKUNJUNG ke Kabupaten Jepara tidak akan lengkap rasanya bila kamu belum mencicipi kuliner unik yang satu ini. Horok-horok, orang Jepara menyebutnya.

Makanan khas Jepara ini enak dimakan langsung maupun dicampur dengan bakso, pecel, gulai, dan lainnya. Rasanya yang empuk dan sedikit asin dijamin akan membuat siapa saja ketagihan.

Selain dijadikan makanan pendamping, Horok-horok ini juga bisa kamu pakai sebagai pengganti nasi, karena memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

Horok-horok ini terbuat dari bahan tepung aren. Ada metode khusus dalam pengambilan tepung pada pohon aren ini, yakni dengan menggunakan sisir rambut.

Dalam proses pembuatanya, kebersihan pati aren sangatlah penting. Air yang digunakan untuk menanak juga tidak boleh kotor ataupun tercampur dengan bekas bahan lain, karena akan berpengaruh pada rasa dan ketahanan makanan ini.

Seusai dimasak, Horok-horok ini biasa disajikan dengan dipotong kotak-kotak dan dikemas menggunakan daun pisang maupun daun jati.

Harga Horok-horok ini sangatlah terjangkau, cukup mulai dari Rp 500 hingga Rp 1.000 sudah bisa mencicipi enaknya makanan khas kota ukir ini.

Makanan ini juga mudah dijumpai di warung-warung makan dan pedagang keliling, sehingga tidak perlu khawatir tidak bisa menjumpainya. (ZP/05)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan