UmumPendidikanIndonesia - Singapura Perkuat Kerjasama Pendidikan Politeknik Industri Furnitur...

Indonesia – Singapura Perkuat Kerjasama Pendidikan Politeknik Industri Furnitur Kendal

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- Indonesia mengandeng Singapura memperkuat kerjasama bidang pendidikan Politeknik Industri Furnitur Kendal yang dibangun di Kawasan Industri Kendal, Kecamatan Kaliwungu.

Penguatan kerjasama bidang pendidikan itu diwujudkan dengan ditandatanginya nota kesepahaman pengembangan sumber daya manusia yang ditanda tangani oleh Menteri Perindustrian RI, Erlangga Hartarto dan Menteri Pendidikan Singapura, Ong Ye Kung.

Menteri Airlangga mengatakan, sinergi Indonesia dan Singapura merupakan kerjasama yang saling menguntungkan khususnya dalam pengembangan industri dan SDM-nya.

Menperin menambahkan, kedua negara sepakat memperkuat kerja sama di bidang pendidikan kejuruan terutama untuk mengisi kebutuhan di sektor industri.

“Guru dan dosen dari Indonesia telah dikirim untuk mengikuti program pelatihan vokasi di Singapura, seperti di bidang permesinan, pembangkit listrik, dan teknik otomasi industri,” katanya, Kamis (10/1).

Dijelaskan, pendirian politerknik furnitur tersebut memang difokuskan untuk memenuhi tenaga kerja di bidang industri mebel atau furnitur.

“Mengapa furnitur, karena di Jawa Tengah furnitur menjadi salah satu industri andalan dengan nilai ekspor sampai Oktober tahun lalu senilai Rp 1,4 milyar. Dan pemerintah akan selalu mendorong perkembangan industri furnitur agar semakin berkembang dan menguasai pangsa pasar internasional,” ujarnya.

Sementara Minister of Education Singapore, Ong Ye Kung mengemukakan, kerjasama antara kedua negara dalam bidang perindustrian semakin meningkat khususnya dalam pembangunan kawasan industri dan pelatihan SDM siap pakai dalam industri manufaktur.

Usai penandatanganan dan peresmian Politeknik itu, kedua menteri didampingi Bupati Kendal, kaploda Jateng dan Duta Besar Singapura meninjau kegiatan belajar mengajar di politeknik tersebut termasuk di ruang praktek pembuatan furnitur. Kegiatan selanjutnya diakhiri dengan peninjauan ke industri furnitur di Kawasan Industri Kendal. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Pembelian Tiket KA untuk Keberangkatan Mulai 26 Oktober Wajib Gunakan NIK

SEMARANG - Calon pelanggan yang akan membeli tiket kereta api jarak jauh untuk keberangkatan mulai 26 Oktober 2021 wajib...

Marimas dan Pemkot Semarang Bangun Taman Parkour di Lamper Tengah

SEMARANG - Dalam upaya mendukung Program Pemerintah Kota Semarang meningkatkan Ruang Terbuka Hijau, PT. Marimas Putera Kencana turut terlibat...

Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Naik Kereta Api, Ini Syaratnya

SEMARANG - Mulai 22 Oktober 2021, anak-anak usia dibawah 12 tahun kembali diperbolehkan naik kereta api setelah sebelumnya dilarang. Aturan...

Pengusaha Makin Sadar Pakai Dexlite

SEMARANG– Kesadaran penggunaan Dexlite sebagai bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan dengan emisi pembakaran yang rendah di kalangan pengusaha...
- Advertisement -spot_imgspot_img

XL Axiata dan Vision+ Luncurkan Paket Bundling

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat bisnis layanan Over The Top (OTT) dan layanan hiburan, seiring...

PLN Gelar PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride

JAKARTA– PLN kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober s.d. 7 November 2021. Virtual Charity...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda