Ini Tips Menyelamatkan Diri Saat Gempa Bumi

GEMPA bumi kembali mengguncang kawasan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) Minggu (5/8). Gempa berkekuatan 7 skala Richter tersebut terjadi pada pukul 18.46 WIB. Kekuatan gempa sebelumnya disebutkan sebesar 6,8 SR.

Akibat gempa bumi di Lombok dari informasi terbaru Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Senin (6/8) pukul 04.00 Wita, tercatat 82 orang meninggal dunia, ratusan orang luka-luka dan ribuan rumah rusak. Ribuan warga mengungsi ke tempat yang aman.

Peristiwa gempa di Indonesia sendiri memang sudah tak asing. Kita semua hidup dengan risiko terjadinya gempa kapan saja, maka sudah seharusnya kita waspada dan tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa, berikut tips menyelamatkan diri saat terjadi gempa.

1. Saat berada di dalam rumah

Berusahalah menyelamatkan diri dan keluarga. Berlindunglah di bawah meja agar tubuh tidak terkena benda-benda yang berjatuhan. Lindungi kepala dengan apa saja, misalnya bantal, papan, atau kedua tangan dengan posisi telungkup.

2. Saat berada di luar rumah

Merunduk dan lindungilah kepala, lalu bergeraklah menjauh dari gedung dan tiang menuju wilayah yang terbuka. Jangan melakukan tindakan apapun, tunggulah sampai keadaan benar-benar tenang karena setelah gempa pertama biasanya akan ada gempa susulan.

3. Saat berada di pusat perbelanjaan atau di tempat umum

Usahakan untuk tetap tenang, biasanya kerumunan orang dalam bencana memicu kepanikan. Ikuti petunjuk dari petugas penyelamat.

Jangan menggunakan lift ketika terjadi gempa atau kebakaran namun gunakanlah tangga darurat, lalu bergeraklah ke wilayah terbuka.

4. Saat berada di dalam kendaraan

Berpeganganlah dengan erat sehingga tidak terjatuh dari guncangan atau jika kendaraan berhenti secara mendadak. Tetaplah tenang dan ikuti perintah atau petunjuk dari petugas.

Mintalah pengemudi untuk menghentikan kendaraan. Setelah itu bergeraklah ke wilayah terbuka.

5. Saat berada di gunung atau pantai

Gempa dapat menimbulkan longsor di gunung atau perbukitan. Jika Kamu berada di pegunungan, bergeraklah ke tempat yang aman seperti lapangan terbuka yang jauh dari daerah lereng ataupun tebing.

Sedangkan bila kamu berada di laut, usahakan tetap tenang dan larilah ke tempat tinggi karena terkadang gempa di laut bisa menimbulkan gelombang tsunami. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here