Ekonomi BisnisJaga Pasokan, TPID Jateng Gelar Operasi Pasar dan Gerakan...

Jaga Pasokan, TPID Jateng Gelar Operasi Pasar dan Gerakan Stabilitas Harga Pangan

-

- Advertisment -spot_img

Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko (kanan), didamping Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono dan Sektretaris Daerah selaku Ketua TPID Provinsi Jateng, Sri Puryono, tengah mengecek bahan kebutuhan pokok yang akan dibawa ke Operasi Pasar, Rabu (16/5).

SEMARANG- Mengantisipasi harga pangan yang secara historis mengalami kenaikan menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Tim Pengendalian Intflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Operasi Pasar (OP) dan Gerakan Stabilisasi Harga Pangan (GSHP) serentak dimulai dari tanggal 16 Mei 2018 hingga 1 minggu setelah Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, di 19 pasar di wilayah Kabupaten Kota se-Jawa Tengah.

Komoditi yang akan dijual terdiri dari beras, gula pasir dan minyak goreng bahkan, di beberapa wilayah tertentu, juga menjual daging beku dan bawang merah.

Demi mengamankan kecukupan pasokan dan mengawal kestabilan harga, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Bulog Divre Jawa Tengah juga telah menyiapkan 69 ribu ton beras berbagai kualitas dengan harga Rp8.950-Rp13.400, 35 ribu ton gula pasir dengan harga satuan Rp12.000, 454 ribu liter minyak goreng dengan harga satuan Rp12.000, 54 ton tepung terigu senilai Rp4.000/kg, 4 ton daging dan 185 ton jagung.

Operasi pasar tersebut dilaksanakan menggunakan mobil operasional Bulog ke titik-titik yang sudah ditentukan di wilayah Semarang, Surakarta, Banyumas, Pekalongan, Pati dan Kedu. Selain itu, Bulog juga melakukan sinergi dengan BUMN lainnya seperti PT. RNI dan PT. PPI dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Sektretaris Daerah selaku Ketua TPID Provinsi Jateng, Sri Puryono mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir karena TPID akan selalu menjaga harga-harga pangan agar tetap stabil dan mudah dijangkau.

“Kita lakukan operasi pasar ini supaya bagaimana masyarakat itu mudah memperoleh akses pangan murah dan berkualitas, sehingga pasokan harga pangan terkendali dan harga juga terkendali,” kata Sri Puryono, Rabu(16/5).

Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sujatmoko menambahkan, selain meluncurkan kegiatan Operasi Pasar dan GSHP, TPID Provinsi Jawa Tengah bersama Satgas Pangan Polda Jawa Tengah akan terjun langsung ke pasar-pasar dan gudang distributor untuk memantau kecukupan pasokan dan mengawal kestabilan harga pangan strategis.

Heru Sudjatmoko juga mengingatkan agar pedagang melakukan kegiatan jual beli secara wajar dan tidak melakukan praktek-praktek ilegal seperti penimbunan karena segala bentuk tindakan ilegal tersebut akan ditindak secara tegas.

“Diharapkan segala upaya yang dilakukan oleh TPID Provinsi Jawa Tengah ini akan berhasil mengawal kestabilan harga pangan strategis di Jawa Tengah selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul F itri tahun 2018, sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya dengan harga yang wajar dan pada akhirnya inflasi Jawa Tengah tetap terjaga sesuai dengan targetnya,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Bentomie, Perpaduan Mie dan Bento

SEMARANG- Pengunjung Prima Raja Resto yang berada di kawasan Puri Anjasmoro Semarang kini diberikan ragam pilihan menu. Selain seafood...

Masjid Megah Pendiri JNE, diresmikan Gubernur Bangka Belitung

BANGKA BELITUNG– Masjid Jami’ Soeprapto Soeparno pertama kali dibangun oleh pendiri JNE, Almarhum Bapak H. Soeprapto Soeparno tahun 1979....

XL Axiata Dukung Geliat Wisata Jawa Tengah

*Pastikan Kualitas Jaringan di Magelang, Wonosobo, dan Temanggung MAGELANG- Industri wisata di Jawa Tengah terus menggeliat dan mencoba bangkit, antara...

Dorong Produksi Ekspor, PLN Tambah Daya Produsen Tas

KUDUS– PLN melakukan energize PT Wanxinda Travel Goods. Produsen tas ini menyepakati penambahan daya dari daya I2/197 kilo Volt...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Mendukung Pengembangan Ekosistem Electric Vehicle

SEMARANG- PT PLN (Persero) siap mendukung program pemerintah terkait percepatan implementasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) atau Electric...

PLN Sambung Listrik Gratis di Kulon Progo

YOGYAKARTA- PLN kembali melakukan penyambungan gratis kepada masyarakat kurang mampu di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Program Corporate Social Responsibility...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda