UmumPendidikanJalur Prestasi Luar Zona di Jateng Bertambah Jadi 15%

Jalur Prestasi Luar Zona di Jateng Bertambah Jadi 15%

-

- Advertisment -spot_img

Istimewa.

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menambah kuota jalur prestasi luar zona pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/ SMK Negeri di provinsi ini. Jika sebelumnya kuota jalur prestasi luar zona ditetapkan lima persen, kini kuota tersebut ditambah menjadi 15 persen dari daya tampung satuan pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Jumeri menyampaikan, penambahan kuota jalur prestasi luar zona tersebut sebagai amanat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2019 yang mengatur penyesuaian kuota pada jalur prestasi dari semula paling banyak lima persen dari daya tampung sekolah, naik menjadi paling banyak 15 persen dari daya tampung satuan pendidikan.

Selain jalur prestasi, penyesuaian juga dilakukan pada jalur zonasi yang semula paling sedikit 90 persen dari daya tampung sekolah, diperbaharui menjadi paling sedikit 80 persen. Sedangkan untuk jalur perpindahan orang tua tetap sama, yakni paling banyak lima persen dari daya tampung sekolah.

“Di Jawa Tengah, aturan tersebut kami sikapi dengan menambah kuota jalur prestasi di luar zona menjadi sebanyak-banyaknya 15 persen dari daya tampung satuan pendidikan. Sementara, untuk dalam zonasi berubah dari kuota keseluruhan yang semula 90 persen menjadi 80 persen dari daya tampung satuan pendidikan,” bebernya, Jumat (28/6/19).

Ditambahkan, perubahan kuota daya tampung pada jalur zonasi dan prestasi tersebut diikuti pula dengan pengaturan tambahan nilai dari prestasi tingkat internasional dan nasional pada kejuaraan yang tidak berjenjang dan berkelanjutan.

Pembobotannya, tingkat internasional juara I mendapat tambahan 3,00, juara II ditambah 2,75, dan juara III ditambah 2,50. Tingkat nasional juara I mendapat tambahan 2,25, juara II sebanyak 2,00, dan juara III tambahan 1,75.

“Pembobotan prestasi tersebut berlaku untuk prestasi pada jalur zonasi dan jalur prestasi.Tambahan nilai kejuaraan hanya diambil dari salah satu prestasi tertinggi tiap jenis cabang dari nilai kejuaraan yang diperoleh,” ujar Jumeri.

Pengesahan maupun pengakuan bukti prestasi kejuaraan tersebut sebagai tambahan nilai seleksi PPDB, menurutnya, tetap berpedoman pada Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PPDB SMA/ SMK Negeri Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020.

“Kami tegaskan kembali, jalur perpindahan orangtua/ wali bagi calon peserta didik yang mengikuti perpindahan tugas orangtua/ wali dalam penugasannya sebagai ASN/ TNI/ Polri/ BUMN/ BUMD, maupun karyawan perusahaan,” tandasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...
- Advertisement -spot_imgspot_img

XL Axiata Luncurkan Paket Keluarga ‘AKRAB’

*Berbagi Kuota, Berbagi Kebersamaan JAKARTA- Menyambut bulan Ramadan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan produk inovatif yang bisa mempererat...

Realme 8 dan 8 Pro Kini Hadir di Semarang dan Yogyakarta, Dijual Mulai Rp 3,5 Jutaan

SEMARANG – Realme, merek smartphone Favoritnya Anak Muda mulai meluncurkan realme 8 dan 8 Pro, realme Buds Air 2...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda