Jateng Genjot Pemasangan Panel Surya di Atap

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko saat memberikan keterangan kepada wartawan.

SEMARANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah terus menggenjot pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop di seluruh gedung-gedung milik Pemprov.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan, pada 2020 ditargetkan sedikitnya ada 90 gedung milik Pemprov yang akan segera dipasang PLTS Rooftop.

“Kita sudah siapkan anggaran hampir Rp 7 miliar untuk memasang energi listrik panel surya ini,” kata Sujarwanto, Kamis (16/1/20).

Dia mengatakan, berkat pemasangan panel surya tersebut, Pemprov Jateng bisa menghemat penggunaan energi listrik hingga 30 persen, sehingga akan terus dilakukan untuk menuju kedaulatan energi.

Adapun di 2019, sedikitnya telah ada tiga gedung milik Pemprov Jateng yang dipasang panel surya tersebut. Kemudian disusul 22 pesantren, serta ada pula perguruan tinggi.

“Tenaga surya sekarang bagus banget, mulai sektor publik mulai banyak di instalasi, swasta permintaan lumayan dan rumah tangga sudah mulai. Ini kita betul-betul memanen energi gratis,” jelasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here