Jateng Genjot Pengembangan Bandara Dewandaru Karimunjawa

Pesawat mendarat di Bandara Dewandaru, Karimunjawa/istimewa.

SEMARANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah terus menggenjot pengembangan Bandara Dewandaru, di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Satriyo Hidayat mengatakan, Pemprov Jateng bersama Kementrian Perhubungan dan Pemkab Jepara terus berupaya mengembangkan Bandara Dewadaru agar lebih nyaman bagi penumpang.

Adapun pada 2019 lalu telah dilakukan perpanjangan landas pacu dari 1.200 meter menjadi 1.400 meter. Selain itu, gedung terminal penumpang telah diperluas dari 120 meter persegi menjadi 220 meter persegi.

“Rencananya, tahun ini akan dilakukan perpanjangan runway, dari 1.400 meter menjadi 1.600 meter dan peningkatan fasilitas terminal. Dengan hal itu diharapkan, pesawat ATR 72 bisa membawa penumpang dengan maksimal (kapasitas 72 penumpang plus kru) atau Maximum Take Off Weight (MTOW). Selain itu, terminal yang padat bisa dibenahi,” kata Satrio, Jumat (17/1/20).

Menurutnya, pembangunan Bandara Dewadaru melibatkan kewenangan dari tiga instansi. Yakni, Kementrian Perhubungan, Pemprov Jateng dan Pemkab Jepara.

Selain perbaikan fasilitas bandara, Satriyo berharap lebih banyak lagi atraksi wisata, daya dukung alam, dan ketersediaan moda transportasi darat menuju fasilitas tersebut.

“Dengan adanya Dewadaru, akses menuju Karimunjawa jadi komplet. Kapal penyebrangan ke pelabuhan rakyat, kapal besar ke Legon Lele sementara pesawat mendarat di Dewadaru. Nah sekarang, tinggal instansi lain menyediakan daya dukung lingkungan, menyiapkan UMKM, atraksi wisata, dan transportasi penghubung menuju,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here