Jateng Potensial Pengembangan Bisnis Jamu

CEO PT Deltomed Laboratories, Muljo Hardjo Rahardjo saat memberikan keterangan kepada wartawan. 

SEMARANG – Jawa Tengah dinilai begitu tepat untuk pengembangan bisnis jamu. Pasalnya di Provinsi ini terdapat beragam bahan baku yang mudah diraih.

CEO PT Deltomed Laboratories, Muljo Hardjo Rahardjo mengatakan, semua bahan dasar pembuatan jamu kebanyakan di tanam di Jateng, seperti gunung kidul, wonogiri, Tegal, Pemalang, dan masih banyak lagi.

“Jawa tengah identik dengan jamu, asal muasal jamu juga dari Jateng. Yang hebat lagi kebanyakan bahan baku ada di Jateng, Wonogiri, Tegal dan lainnya, jadi tinggal industri besar atau kecil memanfaatkannya,” ujarnya, Jumat (1/3).

Ditambahkan, agar bisnis jamu tetap terus berkembang perlu selalu menyesuaikan dengan era saat ini. Terutama untuk generasi milenial perlu ditarik agar mau minum jamu.

Menurutnya, generasi milenial menginginkan sesuatu yang orisinil dari sebuah produk. Keaslian produk sangat diperhitungkan oleh generasi sekarang. Ditambah, produk yang berbau lokal juga disukai milenial.

“Lokal wisdom juga disukai milenial, misalnya yang berbau Semarang, Solo atau nasional,” ucapnya.

Disebutnya, generasi sekarang juga mulai sadar akan kesehatan sehingga harus benar-benar dimanfaatkan.

Dilanjutkan, agar semakin tertarik dengan jamu kemasan dan branding produk perlu diperhatikan. Karena kreativitas dari sebuah produk akan sangat menentukan pilihan konsumen.

“Kreativitas perlu terus digali, agar produk jamu bisa membuat mereka jatuh cinta. Itu lah Kesempatan kita. Potensi begitu tinggi tergantung mengolahnya,” tandasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here