UmumTransportasiJateng Segera Miliki Bus Listrik

Jateng Segera Miliki Bus Listrik

-

- Advertisment -spot_img

Bus Listrik Buatan Bakrie & Brothers Foto: dok BNBR

SEMARANG- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggandeng PT Bakrie & Brother Tbk (BNBR) untuk mengembangkan angkutan umum ramah lingkungan berupa bus listrik. Rencananya, tahun depan bus listrik ini akan sudah melayani masyarakat di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, proyek transportasi bus listrik tersebut merupakan tindak lanjut atas pertemuannya dengan perusahaan BNRB beberapa waktu lalu.

“Pihak PT BNRB sudah bertemu saya dan ingin uji coba dahulu. Maka kami persilahkan mereka untuk melakukan uji coba,” kata Ganjar, Kamis (6/12).

Saat ini, lanjut dia, pihak PT BNRB sudah mulai melakukan uji coba di Jawa Tengah. Uji coba dilakukan untuk melihat berbagai hal, termasuk penjajakan seperti fisibilitasnya, manajemenya, cara bayarnya nanti seperti apa hingga pada penentuan tarif.

“Target kami pertengahan tahun depan proyek ini bisa berjalan,” ujar mantan anggota DPR RI ini.

Proyek bus listrik dengan menggandeng PT BNRB ini, katanya, merupakan salah satu upaya Pemprov Jateng dalam melakukan proyek aglomerasi transportasi umum di Jateng.

“Ini salah satunya, karena ini dari swasta yang berinisiatif untuk bekerjasama dengan kami, maka kami buka ruang untuk mereka,” tambah gubernur.

Nantinya, Pemprov Jateng juga akan menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk pelaksanaan proyek ini. Seperti, tempat pengisian daya listrik di sejumlah tempat.

“Pasti akan kami siapkan, karena ini listrik kan, jadi harus ada tempat-tempat chargernya, harus ada di mana tempatnya nanti akan kami siapkan. Kami berharap proyek ini akan terealisasi dengan baik sehingga akan menjadikan Jateng lebih hebat dalam hal penyediaan transportas umum yang baik dan ramah lingkungan,” pungkas alumnus UGM ini.

Direktur Utama BNBR Bobby Gafur Umar menjelaskan, saat ini pihaknya memang sedang mengembangkan bus listrik untuk mendorong transportasi ramah lingkungan di Jawa Tengah.

“Kerja sama dengan Jawa Tengah ini nantinya untuk trayek Semarang Raya dan Solo Raya. Saat ini kami sedang lakukan uji coba,” kata dia.

Bobby menargetkan kajian ini bisa selesai pada kuartal I 2019. Melalui angkutan itu diharapkan bisa mempermudah hubungan antarkota dengan bus yang ramah lingkungan.

“Jateng ini pertama. Setelah Jawa Tengah, Pulau Bali kami bidik menjadi tempat berikut untuk bus listrik ini,” terangnya.

Bobby menerangkan, bus listrik menjadi salah satu kendaraan masa depan yang akan membantu mengatasi permasalahan polusi udara di kota-kota besar. Ia juga telah bekerja sama dengan perusahaan bus China dalam penyediaan bus listrik ini.

“Untuk hal ini, kami bekerja sama dengan perusahaan bus listrik terbesar di China bernama BYD. Teknologinya maju sekali. Ketika charge bus 2,5 jam itu bisa untuk menempuh jarak sekitar 250 kilometer,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), pihaknya bermitra dengan Karoseri Nusantara Gemilang yang beroperasi di Jalan Raya Kudus-Demak Km 5.

“Terkait TKDN, kami kerja sama dengan Nusantara Gemilang, pengusaha lokal di Kudus untuk perakitan karoseri body-nya,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda