Ekonomi BisnisJelang Idul Adha, Dispertan Semarang Awasi Sapi Pemakan Sampah

Jelang Idul Adha, Dispertan Semarang Awasi Sapi Pemakan Sampah

-

- Advertisment -spot_img

Istimewa.

SEMARANG – Menjelang Hari Raya Idul Adha 2019, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kota Semarang akan melakukan pengawasan terhadap sapi-sapi pemakan sampah dari tempat pembuangan akhir (TPA) Jatibarang, Semarang agar tidak dijual bebas sebagai hewan kurban.

Kepala Dispertan Semarang, WP Rusdiana mengatakan, pengawasan dilakukan karena dikhawatirkan sapi-sapi tersebut mengandung timbal yang bisa berbahaya apabila dikonsumsi.

“Dikhawatirkan daging sapi berasal dari TPA Jatibarang mengandung timbal (Pb) karena mengkonsumsi sampah,” katanya, Senin (15/7/19).

Dikatakan, Dispertan akan memberlakukan surat keterangan sehat bagi sapi untuk kurban. Surat tersebut sebagai bukti jika sapi dari wilayah tersebut sehat dan layak sebagai hewan kurban.

“Kita akan cek, sapi itu dari mana, ada surat keterangan sehatnya tidak, jika tidak ada maka tidak boleh dijual,” bebernya.

Disebutnya, pengawasan sapi-sapi di TPA Jatibarang sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Begitu pula dengan sosialisasi jenis sapi yang boleh sebagai hewan kurban juga sudah disampaikan.

Pihaknya menyebut, data terakhir menyatakan ada sebanyak 2.400 sapi yang ada di sekitar TPA Jatibarang. Dia mengimbau kepada peternak untuk segera mengurus surat ketentuan sehat hewan dan mulai mengkarantina sapi agar layak dijual dan konsumsi.

Ditambahkan, selain di TPA, pengawasan juga akan dilakukan di rumah potong hewan (RPH), dengan mengecek berdasar surat keterangan sehat hewan.

“RPH juga pada dasarnya akan memotong hewan jika ada surat keterangan sehat dari Dispertan, jika tidak ada biasanya sapi akan dikembalikan,” tandasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...
- Advertisement -spot_imgspot_img

XL Axiata Luncurkan Paket Keluarga ‘AKRAB’

*Berbagi Kuota, Berbagi Kebersamaan JAKARTA- Menyambut bulan Ramadan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan produk inovatif yang bisa mempererat...

Realme 8 dan 8 Pro Kini Hadir di Semarang dan Yogyakarta, Dijual Mulai Rp 3,5 Jutaan

SEMARANG – Realme, merek smartphone Favoritnya Anak Muda mulai meluncurkan realme 8 dan 8 Pro, realme Buds Air 2...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda