Ekonomi BisnisJelang Idul Adha, Dispertan Semarang Awasi Sapi Pemakan Sampah

Jelang Idul Adha, Dispertan Semarang Awasi Sapi Pemakan Sampah

-

- Advertisment -spot_img

Istimewa.

SEMARANG – Menjelang Hari Raya Idul Adha 2019, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kota Semarang akan melakukan pengawasan terhadap sapi-sapi pemakan sampah dari tempat pembuangan akhir (TPA) Jatibarang, Semarang agar tidak dijual bebas sebagai hewan kurban.

Kepala Dispertan Semarang, WP Rusdiana mengatakan, pengawasan dilakukan karena dikhawatirkan sapi-sapi tersebut mengandung timbal yang bisa berbahaya apabila dikonsumsi.

“Dikhawatirkan daging sapi berasal dari TPA Jatibarang mengandung timbal (Pb) karena mengkonsumsi sampah,” katanya, Senin (15/7/19).

Dikatakan, Dispertan akan memberlakukan surat keterangan sehat bagi sapi untuk kurban. Surat tersebut sebagai bukti jika sapi dari wilayah tersebut sehat dan layak sebagai hewan kurban.

“Kita akan cek, sapi itu dari mana, ada surat keterangan sehatnya tidak, jika tidak ada maka tidak boleh dijual,” bebernya.

Disebutnya, pengawasan sapi-sapi di TPA Jatibarang sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Begitu pula dengan sosialisasi jenis sapi yang boleh sebagai hewan kurban juga sudah disampaikan.

Pihaknya menyebut, data terakhir menyatakan ada sebanyak 2.400 sapi yang ada di sekitar TPA Jatibarang. Dia mengimbau kepada peternak untuk segera mengurus surat ketentuan sehat hewan dan mulai mengkarantina sapi agar layak dijual dan konsumsi.

Ditambahkan, selain di TPA, pengawasan juga akan dilakukan di rumah potong hewan (RPH), dengan mengecek berdasar surat keterangan sehat hewan.

“RPH juga pada dasarnya akan memotong hewan jika ada surat keterangan sehat dari Dispertan, jika tidak ada biasanya sapi akan dikembalikan,” tandasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN UP2D Garap Pemeliharaan Kubikel GI Mranggen

SEMARANG- PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY, pada Minggu (21/11/2021) telah melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin...

BCA Hadirkan Bakti Sosial Operasi Katarak Bersama Perdami

PURWOKERTO, 27 November 2021 – Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan bagi indera penglihatan yang dapat diderita siapa saja....

DPD MKGR Jawa Tengah Dukung Airlangga Hartarto Jadi Presiden

SEMARANG - Pelantikan Pengurus DPD Ormas MKGR Jawa Tengah digelar di Ballroom Hotel Santika Kota Semarang, Sabtu (27/11/2021). Sebelumnya, Musda...

SGM Eksplor Apresiasi Guru Bersama Alfamart

JAKARTA - Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda