KAI Daop 4 Layani 222 Ribu Pelanggan Selama Libur Isra Miraj dan Imlek

0
KAI Daop 4 Layani 222 Ribu Pelanggan Selama Libur Isra Miraj dan Imlek.

 

SEMARAMG – Selama 5 hari masa Long Weekend Libur Isra Miraj dan Cuti Bersama Imlek yang dimulai pada Rabu 7 Februari hingga Minggu 11 Februari 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang melayani sebanyak 222.706 pelanggan. Jumlah ini meningkat 51% lebih besar jika dibandingkan dengan periode yang sama pada pekan sebelumnya yaitu pada Rabu 31 Januari hingga Minggu 4 Februari 2024 sebanyak 147.067 pelanggan.

Pada periode tersebut jumlah penumpang yang naik menggunakan kereta api di wilayah Daop 4 Semarang sebanyak 110.673 pelangan, sedangkan untuk penumpang turun atau tiba di wilayah Daop 4 Semarang sebanyak 112.033 pelanggan.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan bahwa puncak keberangkatan atau penumpang naik terjadi pada Minggu (11/2) dimana terdapat sebanyak 26.853 pelanggan yang menggunakan kereta api di beberapa stasiun wilayah Daop 4 Semarang.

“Penumpang naik terbanyak pada hari tersebut, terjadi pada Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng sebanyak 7.885 pelanggan, Stasiun Semarang Poncol sebanyak 6.830 pelanggan, Stasiun Tegal sebanyak 4.043 pelanggan, Stasiun Pekalongan sebanyak 2.702 pelanggan, Stasiun Pemalang sebanyak 1.398 pelanggan dan Stasiun Cepu sebanyak 1.154 pelanggan,” jelasnya.

Sedangkan untuk puncak kedatangan penumpang di wilayah Daop 4 Semarang terjadi pada hari yang sama, yakni pada Minggu (11/2) dengan jumlah penumpang turun sebanyak 26.662 pelanggan.

“Penumpang turun terbanyak terjadi pada Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng sebanyak 8.073 pelanggan, Stasiun Semarang Poncol sebanyak 7.174 pelanggan, Stasiun Tegal sebanyak 3.551 pelanggan, Stasiun Pekalongan sebanyak 2.328 pelanggan, Stasiun Ngrombo sebanyak 1.062 pelanggan dan Stasiun Cepu sebanyak 1.057 pelanggan,” tambah Franoto.

Destinasi tujuan maupun kedatangan favorit dari pelanggan pada periode long weekend ini lebih merata dari atau ke berbagai kota, diantaranya Jakarta, Solo, Surabaya, Bandung dan lain sebagainya. Pada periode tersebut, di wilayah Daop 4 Semarang juga terdapat sebanyak 91 KA penumpang yang beroperasi setiap harinya.

Selama masa libur Imlek, Daop 4 Semarang juga menghadirkan pertunjukan barongsai yang bertempat di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pada Sabtu (10/2). Atraksi tersebut menghibur para pelanggan yang sedang menunggu kedatangan KA di stasiun dengan menampilkan atraksi tarian tradisional masyarakat Tiongkok yang mengenakan kostum berbentuk menyerupai singa.

Selain atraksi barongsai, pernak pernik imlek di stasiun serta petugas KAI yang mengenakan baju tradisional cheongsam dan changshan juga turut hadir menyapa para pelanggan KA di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng. Kegiatan semakin meriah dengan adanya petik angpao dan coklat koin yang dibagikan langsung kepada para penumpang yang sedang menunggu kedatangan KA di stasiun dan di dalam KA Kamandaka.

Selain itu, ada juga penampilan Peragaan Busana yang bekerjasama dengan Komunitas Desainer Kota Semarang yang bertempat di area tunggu Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng. “Dengan diselenggarakannya seluruh rangkaian kegiatan ini, merupakan wujud apresiasi KAI kepada para pelanggan dalam menyemarakkan Tahun Baru Imlek 2024 atau dikenal sebagai tahun Shio Naga Kayu,” tutup Franoto.

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan