KAI Daop 4 Semarang Gelar Book Fair on Station dan Luncurkan Komik Si Loko

EVP Daop 4 Semarang, Yosita (kanan) saat mendonasikan sejumlah buku dalam kegiatan Book Fair on Station di Stasiun Semarang Tawang, Rabu (14/11).

SEMARANG- PT KAI Daop 4 Semarang menggelar event Book Fair on Station, Peluncuran Komik Si Loko dan Pengumpulan Donasi Buku yang nantinya akan disumbangkan ke perpustakaan di wilayah masyarakat tidak mampu.

Kegiatan “Book Fair on Station” ini merupakan kerjasama PT KAI dengan Kompas Gramedia. Berbagai kegiatan tersebut dilaksanakan di Stasiun Semarang Tawang selama 5 hari, dimulai dari tanggal 14 November 2018.

EVP Daop 4 Semarang, Yosita mengatakan, Book Fair on Station bertujuan untuk meningkatkan kembali minat baca masyarakat dengan mendekatkan buku sebagai sumber bacaan di area stasiun.

“Book Fair on Station merupakan salah satu upaya kami untuk memberikan berbagai pengetahuan kepada masyarakat, khususnya pengunjung dan penumpang kereta api melalui cara yang menyenangkan dan seru. Karena tempatnya di stasiun, acara ini pun bisa menjadi media edukasi yang unik dan menyenangkan untuk anak-anak,” ujar Yosita, Rabu (14/11).

Dikatakan, agar budaya membaca ini bisa mengakar di semua kalangan masyarakat Indonesia, termasuk juga kalangan masyarakat ekonomi lemah, PT KAI juga menyelengarakan gerakan pengumpulan donasi buku yang hasilnya nanti akan disumbangkan ke perpustakaan anak-anak jalanan dan rumah yatim piatu.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, bisa menjadi sarana kampanye akan pentingnya rasa keperdulian kita kepada sesama yang salah satunya diwujudkan melalui sumbangan berupa sarana buku,” terangnya.

Dikatakan, selain dilaksanakan di Stasiun Tawang Semarang, kegiatan kali ini juga dilaksanakan serentak, yakni di Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Purwokerto, dan Stasiun Surabaya Gubeng.

Selama acara berlangsung, lanjutnya pengunjung dapat membeli buku-buku berkualitas yang telah disediakan oleh Gramedia Store, mulai dari buku bergenre anak, pengembangan diri, bisnis, agama, novel, dan tentunya Komik Si Loko serta berbagai referensi lainnya yang rata-rata merupakan buku best seller.

“Selama acara berlangsung, semua buku tersebut dapat dibeli oleh pengunjung tentunya dengan harga spesial yaitu dengan diskon sebesar 10%. Namun, bagi yang dapat menunjukkan aplikasi KAI Access yang sudah teregistrasi di ponselnya, maka akan mendapatkan tambahan diskon 5%,” ucapnya.

Selain berburu buku, kata dia para pengunjung khususnya yang masih anak-anak juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang berbeda-beda setiap harinya. Kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya lomba mewarnai, lomba menulis cerita pendek, lomba announcer, pouch painting, dan talkshow anak.

Komik Si Loko “The Origin”

Tak hanya diselenggarakan Book Fair on Station, PT KAI Daop 4 Semarang juga meluncurkan Komik Si Loko. Komik ini dibuat sebagai sebuah inovasi media pemasaran dan aktivasi dari maskot resmi KAI, yang bernama Si Loko.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto mengatakan, gaya bahasa dan penggambaran pada Komik Si Loko “The Origin” dibuat menjadi cerita fiksi yang ringan dan jenaka, dengan karakter tokoh komik di dalamnya yang mendukung penyampaian pesan pemasaran dan pelayanan KAI. Sehingga komik ini diharapkan bisa mendekatkan KAI pada target pemasarannya, terutama anak muda di rentang usia 18-30 tahun.

“Selain itu, Komik Si Loko “The Origin” juga menceritakan beberapa kejadian sehari-hari yang menghibur dan memberikan nilai edukasi kepada pembacanya, diharapkan dapat meningkatkan kembali minat baca masyarakat,” terangnya.

Disebutnya, komik ini akan diterbitkan secara rutin, baik melalui media cetak maupun digital. Pada seri pertama, Komik Si Loko mengambil tema “The Origin”. Pada seri Komik Si Loko selanjutnya akan dihadirkan tema “Traveling by Train”, “Adventure by Train” dan sebagainya.

Ditambahkam, untuk seri pertama Komik Si Loko dengan tema “The Origin” telah dicetak sebanyak 2.000 eksemplar dan didistribusikan di seluruh outlet Gramedia dengan harga Rp 75.000.

“Komik Si Loko “The Origin” merupakan bentuk apresiasi dari KAI, atas antusiasme pengguna moda transportasi kereta api di Indonesia terhadap berbagai layanan dan produk dari KAI, serta sebagai dukungan nyata terhadap perkembangan bidang kreatif di Indonesia,” tutupnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here