KAI Daop 4 Semarang Peringati ke-34 Tahun Beroperasinya KA Tawang Jaya

SEMARANG- PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang menggelar peringatan ke-34 tahun beroperasinya Kereta Api Tawang Jaya, yang dilaksanakan di Stasiun Semarang Poncol, Senin (14/5).

Kereta Tawang Jaya itu telah diluncurkan tepat pada 14 Mei 1984, yang memberikan layanan kereta kelas ekonomi dengan relasi Stasiun Semarang Poncol-Stasiun Pasar senen yang diberi nama KA Tawang Jaya. Kehadirannya melengkapi layanan KA relasi Semaran-Jakarta yang sebelumnya sudah beroperasi seperti KA Menoreh.

Dalam memeriahkan kegiatan tersebut, PT KAI membagikan 500 balon kepada para penumpang cilik, Pemberian hadiah voucher kereta api dan souvenir menarik kepada para penumpang KA Tawang Jaya yang berusia 34 terhitung di Bulan Mei ini, atau bagi penumpang yang berulang tahun di tanggal 14 Mei 2018 ini. Selain itu, PT KAI juga membagikan 250 bunga Mawar kepada para penumpang Ibu-ibu di KA Tawang Jaya.

“Acara peringatan ini diselenggarakan sebagai ungkapan terima kasih dari pihak PT KAI Daop 4 Semarang kepada para pelanggan royal KA Tawang Jaya yang selama ini telah melestarikan kehadiran KA Tawang Jaya dengan cara menggunakan layanannya, ” ujar Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto.

Sementara dalam meningkatkan pelayanannya, KA Tawang Jaya pada Lebaran 2012, terus melakukan perbaikan dimana sebelumnya menggunakan kereta ekonomi Non AC, berkapasitas 106 penumpang/gerbong kereta, berganti menjadi kereta ekonomi AC berkapasitas 106 penumpang/gerbong kereta.

Inovasi peningkatan ini terus berlanjut, pada 4 April 2016, KA Tawang Jaya yang sebelumnya membawa rangkaian 10 gerbong kereta berkapasitas 848 penumpang, ditambah menjadi 16 gerbong kereta dengan kapasitas daya angkut 1.484 penumpang setiap perjalanannya, dimana rangkaian yang digunakan terdiri dari 14 unit kereta K3, 1 unit Kereta Makan KM3, 1 unit kereta pembangkit listrik. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here