NasionalKang Emil Lantik Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekda Jabar Definitif

Kang Emil Lantik Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekda Jabar Definitif

-

- Advertisment -spot_img

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melantik Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar definitif di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (14/2/20). (Foto: Humas Jabar)

KOTA BANDUNG — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil resmi melantik Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar definitif di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (14/2/20).

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 31/TPA Tanggal 30 Januari 2020 Tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar. Surat keputusan tersebut diterima Pemda Provinsi Jabar pada 11 Februari 2020.

“Atas nama pribadi dan jajaran, tentulah saya menghaturkan selamat atas pelantikan,” kata Kang Emil –demikian Ridwan Kamil disapa.

Dalam sambutannya, Kang Emil menegaskan bahwa proses seleksi Sekda Jabar sudah melalui prosedur yang sesuai dengan regulasi. Menurut dia, keputusan akhir terkait proses seleksi Sekda Jabar diambil oleh Presiden RI.

“Artinya, semua yang ikut seleksi (Sekda Jabar) merupakan orang-orang terbaik. Yang terbaik itu sudah dipilih Presiden,” ucapnya.

Kang Emil pun langsung memberikan tugas kepada Setiawan, yakni memastikan pelayanan publik Pemda Provinsi Jabar berjalan baik. Dia pun meminta Setiawan untuk mengakselerasi reformasi birokrasi.

“Penduduk Jabar adalah seperlima penduduk Indonesia yang hampir 50 juta jiwa. Pak Sekda harus menjamin kelancaran pelayanan kepada masyarakat dengan jumlah yang besar,” ucapnya.

“Tentunya dalam mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin, reformasi birokrasi jadi tantangan. Ini yang saya titipkan kepada pak Setiawan,” imbuhnya.

Selain itu, Kang Emil berpesan kepada Setiawan untuk menjalankan fungsi sebagai fasilitator antara kepala daerah dengan dewan, dengan masyarakat, dengan organisasi masyarakat. Tidak lupa, Kang Emil menekankan tiga hal yang mesti dimiliki Setiawan, yakni integritas, melayani dengan hati, dan profesionalisme.

“Maka gunakan jabatan bukan sebagai tujuan tapi sebagai sarana membawa perubahan, sarana membawa kemajuan, gunakan jabatan untuk memperluas kebermanfaatan, gunakan jabatan Sekda sebagai sarana ibadah. Kita hadir di sini semata-mata untuk ibadah. Mudah-mudahan ini mengawali proses berintegritas,” katanya.

Dalam pelantikan tersebut, Kang Emil pun mengapresiasi Daud Achmad yang mampu melaksanakan tugas sebagai Penjabat (Pj.) Sekda Jabar dengan baik.

“Beliau (Daud Achmad) mendampingi Saya untuk melancarkan urusan, Alhamdulillah Jabar sampai ke hari ini urusan pembangunan berjalan lancar,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat menyatakan bahwa Setiawan Wangsaatmaja mempunyai kapabilitas yang mumpuni sebagai Sekda Jabar.

“Beliau juga bukan orang baru disini, beliau juga ditunjuk langsung Pak Presiden. Saya kira beliau sudah mumpuni,” kata Taufik.

Sedangkan, Setiawan menegaskan bahwa dirinya siap menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai Sekda Jabar. Dia juga menyatakan kesiapannya untuk mengakselerasi reformasi birokrasi di lingkungan Pemda Provinsi Jabar.

“Bagaimana penyederhanaan, reformasi birokrasi dijalankan di Jawa Barat. Akhirannya ini sebenernya adalah pelayanan publik kita lebih baik,” kata Setiawan.

Sebelum resmi menjadi Sekda Jabar, Setiawan menjabat sebagai Deputi Menteri Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB. Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jabar. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda