NasionalKemenhub Petakan 3.629 Perlintasan Sebidang yang Rawan Kecelakan di...

Kemenhub Petakan 3.629 Perlintasan Sebidang yang Rawan Kecelakan di Indonesia

-

- Advertisment -spot_img

Mendekati Lebaran 2018 dengan sekian banyaknya perlintasan liar berbahaya, Kemenhub telah melakukan langkah baik jangka pendek maupun berjangka panjang.

SEMARANG- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memetakan ada sebanyak 3.629 perlintasan sebidang yang tidak berizin, tidak miliki palang, penjaga dan tidak berambu di Indonesia. Sedangkan yang secara resmi dikelola pemerintah baru ada 1.192 perlintasan.

Staf Ahli Menteri Perhubungan (Menhub) Bidang Logistik, Multimedia dan Keselamatan Perhubungan, Cris Kuntadi mengatakan, angka kecelakan di perlintasan sebidang juga telah merenggut 1.282 korban jiwa, 475 orang diantaranya telah meninggal dunia, 533 mengalami luka berat dan 274 orang luka ringan.

“Secara total di Indonesia ada 5000 lebih perlintasan sebidang. Paling banyak ada di Jawa, ada 112 titik rawan, 45 ada di Provinsi Jawa Barat, 45 di Banten, 30 di Jawa Tengah, 37 di Jawa Timur dan 45 di DKI Jakarta,” kata Cris Kuntadi, dalam acara Rapat Koordinasi Pengamanan Perlintasan Sebidang dalam Rangka Lebaran 2018, di Hotel Harris Semarang, Rabu (6/5).

Dikatakan, mendekati Lebaran dengan sekian banyaknya perlintasan liar tersebut, pihaknya mengatakan telah melakukan beberapa langkah jangka pendek maupun jangka panjang.

“Upaya jangka pendek yang dilakukan dengan penambahan petugas penjagaan. Tujuan kita supaya tidak menimbulkan kecelakan, bisa mengurangi sampai tidak ada kecelakaan,” ujarnya.

Ditambahkan, selain itu pihaknya juga mengimbau agar dilakukan penambahan portal dan memberikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah menjadi relawan menjaga keamanan di perlintasan.

“Perlintasan yang tidak ada penjaga harus dijaga, yang tidak ada portal harus diberi juga, meski hanya dari bambu. Serta yang jaga diberi apresiasi, terutama masyarakat yang berinisiatif mengamankan perlintasan kereta,” ucapnya.

Ia melanjutkan, PT KAI punya tugas segera menutup perlintasan liar yang muncul. Apakah dengan besi rel bekas, sehingga bisa menutup potensi kecelakaan.

Selain itu, kata dia masyarakat juga harus berhati-hati dan tidak terus-terusan memilih jalan pintas dengan membuat atau melewati perlintasan rel kereta yang tidak berizin.

“Masyarakat harus melihat, kereta yang sudah jalan tidak bisa berhenti mendadak.
Lihat kanan-kiri, ini demi keselamatan dan kenyamanannya sendiri,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Lebih Dari 20 Ribu Pelanggan Manfaatkan Promo Tambah Daya PLN

JAKARTA – Program promo tambah daya listrik “Ramadan Peduli“ dan "Ramadan Berkah" disambut baik oleh pelanggan. Hingga 16 Mei...

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda