PolitikKesbangpol Jateng Waspadai Kerawanan Konflik Pemilu di 4 Wilayah

Kesbangpol Jateng Waspadai Kerawanan Konflik Pemilu di 4 Wilayah

-

- Advertisment -spot_img

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesbangpol Jateng, Ibnu Kuncoro saat memberikan keterangan kepada wartawan, Kamis (11/4/19).

SEMARANG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Tengah mewaspadai kerawanan konflik saat pelaksanaan Pemilu 2019 pada empat wilayah di Jawa Tengah.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesbangpol Jateng, Ibnu Kuncoro mengatakan, berdasarkan kajian yang dilakukan di lapangan, empat wilayah terpantau memiliki indeks kerawanan pemilu tinggi lantaran kondisi masyarakat mudah terjadi gesekan.

Ia merinci keempat wilayah rawan tersebut terdiri dari, Soloraya, Banyumas, Pekalongan, dan Pati.

“Daerah rawan ada di Soloraya, Banyumas, Pekalongan, Pati dan satu kecil di Kota Semarang. Itu pemetaan dari teman-teman kami di lapangan, sehingga daerah itu akan diberikan porsi pengawasan lebih,” kata Ibnu, Kamis (11/4/19).

Dikatakan, dari keempat wilayah tersebut, Soloraya menjadi yang paling diwaspadai lantaran masyarakat Soloraya menjadi satu-satunya di Jateng yang masyarakatnya mudah tersulut provokasi.

“Kayak Solo ini akan kita tambahkan pengawasan dari kepolisian Jakarta untuk menjaga betul agar jangan sampai terjadi. Karena Solo itu sumbu pendeknya Jawa Tengah, gampang terpancing,” jelasnya.

Selain mewaspadai wilayah rawan tersebut, pihaknya juga khawatir dengan kondisi media sosial yang saat ini sudah terpecah belah, saling menghina satu dengan yang lain demi memperoleh suara.

“Di medsos ini menjadi awan hitam, saling hina dan menjatuhkan untuk memperoleh suara. Kita jaga jangan diteruskan. Jangan sampai dunia medsos, dunia maya turun ke dunia nyata. Kalau itu terjadi benturan luar biasa,” ucapnya.

Disebutnya, dalam waktu dekat Kesbangpol Jateng akan melakukan pertemuan dengan semua pimpinan baik Bupati/Walikota, Kapolres, Dandim, KPU, Bawaslu, tokoh agama, hingga partai politik untuk bersepakat menjaga Pemilu 2019 berjalan damai, serta ikut menjaga Jateng agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan.

“Kita negara besar dengan toleransi tinggi, sejarahnya gitu. Kita harus menjadikan Pemilu menyenangkan, tidak gontok-gontokan,” terangnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Jangkau Publik Lebih Besar Mengenal Solusi HVAC, LG Perkenalkan Showroom Virtual

JAKARTA— Memanfaatkan terapan teknologi digital, LG Electronics (LG) memperkenalkan sebuah ruang pamer online yang dibuat khusus bagi produk solusi...

PLN UP3 Purwokerto Sinergi Terangi Negeri

PURWOKERTO - PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwokerto, melaksanakan Multi Stakeholder Forum (MSF) Tahun 2021 Kamis...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Profil dan Biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata Lengkap, Pendidikan hingga Berbagai Pengalamannya

SEMARANG - Profil dan biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata lengkap dari pendidikan hingga berbagai pengalamannya. Anda...

Dukung PTM dan Masa Libur Akhir Tahun, Link Net Salurkan 5.000 Healthy Kit

JAKARTA – Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk menekan potensi penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM)...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda