UmumKPU Jateng Pastikan Temuan C1 Tak Ganggu Proses Rekapitulasi...

KPU Jateng Pastikan Temuan C1 Tak Ganggu Proses Rekapitulasi Suara

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah memastikan temuan ribuan C1 sejumlah daerah di Wilayah Jawa Tengah yang didapatkan di Menteng, Jakarta Pusat, tak mengganggu proses rekapitulasi tingkat provinsi yang saat ini tengah berlangsung.

Hal ini disampaikan oleh Komisioner KPU Jateng, Paulus Widiyantoro. Di sisi lain, Paulus mengklaim jika C1 milik KPU saat ini masih aman ditingkat Kota/Kabupaten.

“Nah kalau itu temuan dari saksi atau apa, kan bisa dikroscek juga kebenarannya, terkait angkanya, lalu kalau mau ditarik mundur kan nanti ada di Planonya, itu kan bukti mahkota ada di C1 Plano,” ucap Paulus, Selasa (7/5).

Meski demikian, pihaknya saat ini juga terus memantau perkembangan penyelidikan terhadap temuan ribuan C1 tersebut. Dia mengklaim, KPU Jateng siap jika diminta ikut mengkroscek keaslian C1 yang ditemukan di Menteng, Jakpus itu.

“Tapi sebenarnya, tanpa langsung melalui KPU pun Bawaslu juga bisa, karena ada C1 yang sudah di upload (hasil scan) ke situng KPU,” ujar dia.

Selain itu, lanjut Paulus, Bawaslu Jakpus yang menangani kejadian ini juga dapat langsung berkoordinasi dengan Bawaslu Jateng. Sebab, Bawaslu ditingkat daerah juga memiliki C1.

“Teman-teman Panwas di TPS juga mendapat C1 dan itu juga kan disetor sampai ke Bawaslu Jateng, sehingga krosceknya tanpa melalui KPU sebenarnya bisa,” katanya.

“Tapi prinsipnya kalau KPU diminta untuk melakukan kroscek, kita juga siap. kita sudah menginstruksikan ke teman-teman untuk bersiap manakala dibutuhkan untuk kroscek,” sambungnya.

Terlepas dari kejadian ini, Paulus meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan jangan resah. Serahkan prosesnya kepada Bawaslu yang tengah menangani kasus tersebut.

“Tidak perlu resah, jaminan bahwa C1 yang ada di KPU masih aman dan itu C1 yang berada di tangan KPPS, dan dipegang Panwas serta saksi, itu di plenokan secara berjenjang, artinya ada pengaduan data di semua jenjang rekapitulasi. Sehingga dipastikan C1 yang diakui adalah yang digunakan pleno rekap disamua tingkatan,” tandasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Siap Serap Listrik 5 MW dari PLTSa Terbesar di Jawa Tengah

SURAKARTA - PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)...

‘CB150R Charity’ Kumpulkan Rp8 Juta Untuk Anak Disabilitas

SOLO – Astra Motor Jateng bersama dengan Trooper Custom resmi mengakhiri program “CB150R Charity Ride” dengan melakukan live Instagram...

Dukung Energi Hijau, PLN Siap Serap Listrik dari PLTSa Terbesar di Jateng

SURAKARTA- PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Surakarta...

Hotel Santika Pekalongan Rutin Gelar Simulasi Pemadam Kebakaran

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan Sebagai salah satu hotel berbintang yang ada di Kota Pekalongan menggelar Simulasi Fire Drill...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Indosat Ooredoo Hutchison Siap Jadi Perusahaan Telekomunikasi Paling Dipilih di Indonesia

SEMARANG – Indosat Ooredoo Hutchison telah mengumumkan penyelesaian penggabungan usaha pada 4 Januari 2022 lalu, setelah menerima semua persetujuan...

Membanggakan, Desa Wisata Bakti BCA Torehkan Prestasi Gemilang

JAKARTA– PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) melalui program Corporate Social Responsibility senantiasa berkomitmen memberikan kontribusi bagi negeri ini....

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda