Ekonomi BisnisKunjungan Wisman ke Jateng September Jeblok

Kunjungan Wisman ke Jateng September Jeblok

-

- Advertisment -spot_img

Ramainya pengunjung di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah/istimewa.

SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Tengah pada September 2019 mengalami penurunan drastis dibandingkan bulan Agustus.

Adapun jumlah wisman yang berkunjung ke Jawa Tengah dari dua bandara yakni melalui pintu masuk bandara Adi Sumarmo dan Ahmad Yani pada September 2019 tercatat sebanyak 2075 kunjungan, mengalami penurunan sebesar 21,07% dibandingkan bulan Agustus yang tercatat sebanyak 2629 kunjungan.

“Secara keseluruhan terjadi penurunan jumlah kunjungan wisman di Jateng pada September mencapai 21,07%,” ujar Sentot, Sabtu (2/11/19).

Ia menyebutkan, jumlah kunjungan wisman terbanyak melalui pintu masuk bandara Adi Sumarmo berasal dari Malaysia yaitu 38 orang, disusul Singapura 1 orang dan Perancis 1orang.

“Sedangkan terbanyak melalui pintu masuk bandara Ahmad Yani berasal dari Malaysia yaitu 631 kunjungan, disusul Singapura 285 kunjungan dan China sebanyak 119 kunjungan,” jelasnya.

Di sisi lain, lanjutnya Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Jawa Tengah pada September 2019 tercatat sebesar 45,06%, mengalami penurunan sebesar 0,09 poin dibanding TPK bulan Agustus yang tercatat sebesar 45,15%.

Meski demikian, kata dia apabila dibanding periode yang sama di tahun 2018 maka TPK September 2019 justru mengalami kenaikan sebesar 0,60 poin.

“TPK bulan September 2019 tertinggi terjadi pada hotel bintang 4 yaitu sebesar 52,76% dan terendah hotel bintang 1 sebesar 32,79%,” katanya.

Sementara itu, Rata-rata Lama Menginap (RLM) tamu hoteI bintang pada bulan September 2019 tercatat sebesar 1,32 malam, naik 0,03 poin dibanding bulan Agustus yang tercatat sebesar 1,29 malam.

Pada bulan September 2019, RLM mancanegara tercatat sebesar 1,72 malam, mengalami penurunan sebesar 0,06 poin dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 1,78 malam.

Sedangkan untuk RLM domestik tercatat 1,32 malam, mengalami kenaikan dibandingkan dengan periode Agustus yang tercatat sebesar 1,28 malam. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Wartawan Dan Polresta Banyumas Bagikan Paket Sembako

PURWOKERTO - Covid 19 bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, baik usia muda, dewasa maupun tua. Virus yang mematikan...

JNE dan Dompet Kemanusiaan Media Group Kirim Tabung Oksigen Gratis ke RSUP Kariadi Semarang

SEMARANG – Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir dan dampak yang ditimbulkan hingga saat ini sangat berpengaruh besar...

Telkomsel Ajak Masyarakat Lakukan #YangKitaBisa

JAKARTA – Sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang tengah menghadapi pandemi, Telkomsel berupaya untuk menempatkan diri berdampingan bersama masyarakat...

Komunitas Tionghoa Semarang Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

SEMARANG - Perserikatan Organisasi Indonesia Tionghoa (PORINTI) Kota Semarang membagikan sembako kepada warga terdampak PPKM Darurat. Pembagian tersebut dilakukan bersama...
- Advertisement -spot_imgspot_img

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda