Ekonomi BisnisKunjungan Wisman ke Jateng September Jeblok

Kunjungan Wisman ke Jateng September Jeblok

-

- Advertisment -spot_img

Ramainya pengunjung di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah/istimewa.

SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Tengah pada September 2019 mengalami penurunan drastis dibandingkan bulan Agustus.

Adapun jumlah wisman yang berkunjung ke Jawa Tengah dari dua bandara yakni melalui pintu masuk bandara Adi Sumarmo dan Ahmad Yani pada September 2019 tercatat sebanyak 2075 kunjungan, mengalami penurunan sebesar 21,07% dibandingkan bulan Agustus yang tercatat sebanyak 2629 kunjungan.

“Secara keseluruhan terjadi penurunan jumlah kunjungan wisman di Jateng pada September mencapai 21,07%,” ujar Sentot, Sabtu (2/11/19).

Ia menyebutkan, jumlah kunjungan wisman terbanyak melalui pintu masuk bandara Adi Sumarmo berasal dari Malaysia yaitu 38 orang, disusul Singapura 1 orang dan Perancis 1orang.

“Sedangkan terbanyak melalui pintu masuk bandara Ahmad Yani berasal dari Malaysia yaitu 631 kunjungan, disusul Singapura 285 kunjungan dan China sebanyak 119 kunjungan,” jelasnya.

Di sisi lain, lanjutnya Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Jawa Tengah pada September 2019 tercatat sebesar 45,06%, mengalami penurunan sebesar 0,09 poin dibanding TPK bulan Agustus yang tercatat sebesar 45,15%.

Meski demikian, kata dia apabila dibanding periode yang sama di tahun 2018 maka TPK September 2019 justru mengalami kenaikan sebesar 0,60 poin.

“TPK bulan September 2019 tertinggi terjadi pada hotel bintang 4 yaitu sebesar 52,76% dan terendah hotel bintang 1 sebesar 32,79%,” katanya.

Sementara itu, Rata-rata Lama Menginap (RLM) tamu hoteI bintang pada bulan September 2019 tercatat sebesar 1,32 malam, naik 0,03 poin dibanding bulan Agustus yang tercatat sebesar 1,29 malam.

Pada bulan September 2019, RLM mancanegara tercatat sebesar 1,72 malam, mengalami penurunan sebesar 0,06 poin dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 1,78 malam.

Sedangkan untuk RLM domestik tercatat 1,32 malam, mengalami kenaikan dibandingkan dengan periode Agustus yang tercatat sebesar 1,28 malam. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

XL Axiata dan Vision+ Luncurkan Paket Bundling

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat bisnis layanan Over The Top (OTT) dan layanan hiburan, seiring...

PLN Gelar PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride

JAKARTA– PLN kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober s.d. 7 November 2021. Virtual Charity...

Ajak Masyarakat Bijak Gunakan BBM, Pertamina Dorong Solar Subsidi Tepat Sasaran

SEMARANG – Sebagai badan usaha yang menerima penugasan dari pemerintah dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, dalam hal...

Hotel Santika Pekalongan Gratiskan Ambil Kopi dan Teh Setiap Hari

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan merupakan salah satu hotel bintang 3 yang terletak di Kota Pekalongan. Memiliki letak yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Menjadi Programmer Sukses Masa Kini

JEPARA - Market Corner Goes To School yang merupakan kegiatan kolaborasi antara Up Radio dan Gmedia yang  pada bulan...

Ini Daftar Kompor Tanam Artugo Spesifikasi Lengkap dengan Harga Ekonomis

SEMARANG - PT Kreasi Arduo Indonesia (Artugo) meluncurkan berbagai jenis kompor tanam dengan spesifikasi lengkap, namun dengan harga yang...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda