Menhub Budi Takjub Lihat Kondisi Pelabuhan Tanjung Mas Semarang

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi saat mengunjungi terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Jumat Sore (7/12).

SEMARANG- Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi terkagum-kagum saat mengunjungi terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Jumat Sore (7/12).

Ia takjub melihat beberapa fasilitas pelabuhan yang sudah menyamai bandara, seperti ruang keberangkatan yang dilengkapi X-ray untuk mendeteksi barang-barang penumpang.

“Saya hari ini melihat terminal penumpang di Tanjung Mas sama baiknya dengan bandara,” kata Budi kepada wartawan.

Mengenakan kemeja putih, Budi berkeliling melihat langsung kondisi terminal penumpang itu. Ia beberapa kali menghampiri penumpang yang tengah menunggu antrean keberangkatan kapal.

“Saya melihat penumpang-penumpang yang akan pergi ke Ketapang enjoy sekali, menikmati. Bahkan ibu-ibu tadi saya tanya mau kemana, pulang kampung, enggak saya mau jalan-jalan ke tempat adik saya. Ini menggambarkan bahwa conectivitas bukan monopoli dari angkutan udara, tapi angkutan laut sama baiknya, sama mengutamakan safety,” ujarnya.

Dijelaskan, keberadaan terminal penumpang pelabuhan tersebut memang didesain berstandar layaknya bandara seperti pemeriksaan tiket dengan fending mession, daftar penumpang (manifes) yang diperiksa dua kali.

“Dari semua itu, selain kita mendapatkan level of service yang baik. Saya sampaikan bahwa safety adalah yang utama. Satu penumpang harus diperiksa, kedua manifes, ketiga life jacket, bila mungkin lakukan ramp check kepada kapal yang kurang fit,” terangnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here