NasionalMenuju Smart City, Pemkab Kendal Mulai Petakan Potensi Daerah

Menuju Smart City, Pemkab Kendal Mulai Petakan Potensi Daerah

-

- Advertisment -spot_img

KENDAL- Pemerintah Kabupaten Kendal saat ini, tengah fokus mempersiapkan daerahnya menjadi salah satu dari 100 Smart City di Indonesia. Untuk itu, Pemkab Kendal menggelar Bimbingan Teknis Tahap I yang diikuti seluruh 266 kepala desa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Moh. Toha mengatakan, dengan terpilihnya Kabupaten Kendal sebagai role model Smart City di tingkat nasional, merupakan modal awal sebagai motivasi untuk meningkatkan kerja keras semua elemen di Kabupaten Kendal.

Menurutnya, hal ini adalah mewujudkan visi dan misi RPJMD melalui perencanaan dan pelaksanaan program untuk kebahagiaan masyarakat melalui inovasi dan praktek cerdas pelayanan publik.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kendal, kami menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Pusat yang telah mempercayakan Kabupaten tercinta ini sebagai salah satu daerah yang terpilih dalam program Gerakan Menuju 100 Smart City,” kata Sekda Selasa (10/7/2018).

Sementara itu, menurut Kepala Baperlibang, Winarno menuturkan, sebagaimana RPJMD Kabupaten Kendal Tahun 2016-2021 untuk menjadikan Kabupaten Kendal menjadi Permata Pantura.

“Kendal permata Pantura tentunya bukanlah slogan dan impian semata, kalau seluruh program yang sudah direncanakan dapat direalisasikan secara optimal. Investasi sebagai salah satu misi dan program unggulan pembangunan daerah,” tuturnya.

Pembangunan berbasis Smart City saat ini menjadi sebuah pilihan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang menghendaki pelayanan yang mudah dan cepat. Termasuk di Kabupaten Kendal, yang secara geografis terbagi dalam wilayah heterogen mencakup pegunungan, dataran, dan pesisir.

Kondisi topografi tersebut tentunya menjadi sebuah tantangan untuk mengedepankan efisiensi birokrasi dan pemanfaatan teknologi informasi sebagai faktor pendukung.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kendal, Muryono menjelaskan, untuk mendorong percepatan pembangunan Smart City sebagaimana Nota Kesepahaman (MoU) antara Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dengan Pemerintah Kabupaten Kendal kemarin, telah dibentuk Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Gerakan Kabupaten Kendal Menuju Smart City.

“Pembangunan akan berjalan dan mencapai hasil maksimal kalau diawali dengan perencanaan yang matang. Begitu pula dengan Smart City akan dapat dilaksanakan kalau sudah tersusun perencanaan atau masterplan sesuai dengan arah kebijakan yang ditetapkan dalam RPJMD,” jelasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

XL Axiata dan Vision+ Luncurkan Paket Bundling

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat bisnis layanan Over The Top (OTT) dan layanan hiburan, seiring...

PLN Gelar PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride

JAKARTA– PLN kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober s.d. 7 November 2021. Virtual Charity...

Ajak Masyarakat Bijak Gunakan BBM, Pertamina Dorong Solar Subsidi Tepat Sasaran

SEMARANG – Sebagai badan usaha yang menerima penugasan dari pemerintah dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, dalam hal...

Hotel Santika Pekalongan Gratiskan Ambil Kopi dan Teh Setiap Hari

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan merupakan salah satu hotel bintang 3 yang terletak di Kota Pekalongan. Memiliki letak yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Menjadi Programmer Sukses Masa Kini

JEPARA - Market Corner Goes To School yang merupakan kegiatan kolaborasi antara Up Radio dan Gmedia yang  pada bulan...

Ini Daftar Kompor Tanam Artugo Spesifikasi Lengkap dengan Harga Ekonomis

SEMARANG - PT Kreasi Arduo Indonesia (Artugo) meluncurkan berbagai jenis kompor tanam dengan spesifikasi lengkap, namun dengan harga yang...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda