Ekonomi BisnisMetode Budidaya Udang Supra Intensif, Solusi Pas Buat yang...

Metode Budidaya Udang Supra Intensif, Solusi Pas Buat yang Minim Modal

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Tengah, Hasanuddin Atjo, menciptakan inovasi teknologi di bidang budidaya perikanan, berupa rekayasa konstruksi pengelolaan tambak udang supra intensif untuk skala rakyat.

Hasanuddin Atjo mengatakan, metode budidaya supra intensif dimaksudkan supaya pengusaha modal kecil atau skala rakyat tetap bisa produktif menghasilkan udang yang siap jual.

“Filosofi budidaya udang skala rakyat ini sama, baik pengusaha modal kecil maupun pengusaha modal besar, yang beda kontruksi saja. Yang satu kecil dari plastik dan satu pakai beton. Itu intinya fungsi sama, sehingga tak terjadi ketimpangan, rakyat bisa akses, pengusaha juga bisa akses, sehingga stabilitas rasio gini bisa diperbaiki,” kata Atjo, Kamis (27).

Dijelaskan, metode supra intensif skala rakyat 1 unitnya terdiri atas 6 kolam, yakni 1 kolam IPAL, 1 tandon, dan 4 kolam budidaya udang. Dari 1 unit ini bisa menghasilkan 1 ton udang dalam satu masa tanam.

Dia melanjutkan, metode supra intensif ini juga cocok bagi generasi milenial yang ingin bertani udang, karena menggunakan sistem digital yang sesuai zamannya.

“Generasi milenial ini kan tak tertarik cara konfensional, tertariknya yang modern pakai cara digital. Dan budidaya ini modelnya juga pakai aplikasi,” ujarnya.

Namun, dia mengungkapkan jika keputusan penggunaan metode supra Intensif ini kembali ke masing-masing orang, apakah dia bisa memanage teknologi ini atau tidak.

“Teknologi ini tidak semua SDM bisa. Tingkat kesulitannya lebih tinggi, sudah semua terukur bahkan bisa pakai aplikasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini didearahnya tengah dianggarkan pembangunan senilai Rp 2 miliar agar bisa jadi tempat percontohan budidaya udang dengan metode supra intensif ini. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Pameran Property Expo Semarang Cetak Transaksi Rp 28 Miliar

SEMARANG - Pameran Property Expo Semarang mendapatkan hasil menggembirakan bagi para pengembang di awal tahun 2022. Pemeran perdana yang digelar...

GTSI Kembali Dikontrak BP Berau Ltd.

JAKARTA– PT GTS Internasional Tbk. (GTSI) melalui salah satu anak perusahaannya PT Hikmah Sarana Bahari (HSB) berhasil mendapatkan kepercayaan...

Empal Krispi Sajian Baru Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan kembali mengeluarkan special menu di awal tahun 2022 ini. Menu ini sangat cocok untuk...

Smartfren Hadirkan Unlimited Terbaru, No Drama No Ribet dengan Promo Dua Kali Lebih Besar

JAKARTA –  Selaras dengan kebutuhan generasi masa kini  yang selalu keep connected ke internet, maka di awal tahun ini...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina Tegaskan WA Undian Berhadiah HOAX

SEMARANG- PT Pertamina (Persero) menegaskan, pesan berantai yang beredar melalui sejumlah saluran media seperti Whatsapp terkait undian berhadiah...

25 Konsumen Pertama di Kota Semarang Terima Honda All New BR-V

SEMARANG- Mengawali tahun 2022, Honda Semarang Center melakukan penyerahan perdana secara simbolik 25 unit All New Honda BR-V kepada...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda