Multiplier Effect CSR Pertamina Depot LPG Cilacap Menembus Petani Wanita Desa Lomanis

CILACAP – Corporate Sosial Responbility (CSR) setiap korporasi atau perusahaan selalu menyasar masyarakat di tingkat bawah. Namun seringkali program CSR tidak berdampak signifikan terhadap pemberdayaan masyarakat.

Berbeda dengan CSR yang disalurkan Pertamina Depot LPG Cilacap Jawa Tengah ini. Tidak hanya bertekad memberdayakan masyarakat, namun juga berpotensi mampu menghasilkan Multiplier Effect (nilai ganda) perekonomian hingga pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Yang menariknya lagi, CSR Pertamina ini berhasil menembus daerah pedesaan dan menyasar petani wanita, melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) di Sumber Padhetan 1 dan Sumber Padhetan 3 yang berada di Kelurahan Lomanis Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Hal itu seiring dengan Launching Program CSR Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Sumber Padhetan Kelurahan Lomanis Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap Jawa Tengah yang dilakukan Pertamina Depot LPG Cilacap bersama PKPU HI Jawa Tengah.

Program ini juga didukung Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cilacap, Kecamatan Cilacap Tengah dan Kelurahan Lomanis.

Suratman sebagai Kasi Pembangunan Kecamatan Cilacap Tengah menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pertamina depot LPG Cilacap atas program pemberdayaan kelompok wanita tani di RW 03 dan 01 Kelurahan Lomanis.

“Harapannya program pemberdayaan KWT ini dapat mengembangkan pengetahuan ibu-ibu sekaligus dapat diterapkan dalam kegiatan sehari hari sehingga program ini akan dapat berlangsung terus menerus,” kata Suratman, Minggu (23/12).

Program KWT ini merupakan hasil dari sosial mapping atas permasalahan, kebutuhan dan potensi masyarakat di Kelurahan Lomanis. Dari hasil sosial mapping tersebut, pihak Pertamina Depot LPG Cilacap berkomitmen untuk ikut memberikan support kepada kelompok Wanita Tani di Kelurahan Lomanis khususnya KWT Sumber Patedhan 1 dan Sumber Patedhan 3.

M. Miftahul Surur perwakilan dari PKPU HI Jawa Tengah menuturkan, program CSR Pertamina depot LPG ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya anggota KWT untuk kegiatan pertanian di lingkungan sekitar. Program ini juga diharapkan dapat dikembangkan dengan metode – metode yang tepat untuk pertanian di Kelurahan Lomanis dan juga dapat dikembangkan di masing masing RT atau rumah para anggota.

Program pemberdayaan ini bertujuan agar masyarakat di lingkungan Pertamina Depot LPG bisa mandiri seperti apa yang disampaikan oleh Bapak Gatot Subroto selaku Junior Supervisor HSSE Pertamina Depot LPG Cilacap.

“Kami tertarik dengan program pemberdayaan masyarakat karena program ini dirancang akan berlangsung terus menerus walaupun nantinya tidak didampingi lagi oleh pertamina,” ungkapnya.

Bekal pengetahuan dan praktik yang diberikan selama program pendampingan ini dapat diaplikasikan untuk keberlanjutan program KWT Sumber Patedhan. Selain program pemberdayaan di KWT ini, Pertamin Depot LPG Cilacap juga melakukan program comdev di Kelurahan Kotawaru yang ditandai dengan penanaman 6000 mangrove pada Kamis (20/12)

Community Development Officer Pertamina Depot LPG Cilacap, Sekar Ayu Saraswati menuturkan, bersamaan dengan ini diharapkan agar KWT Sumber Patedhan bisa menghasilkan produk olahan pangan.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap agar program pemberdayaan kelompok wanita tani ini selain menghasilkan panen rutin , tetapi juga dapat menghasilkan sebuah produk olahan pangan dari hasil bertani, dan juga dapat bersinergi dengan posyandu untuk pemenuhan gizi balita,” jelasya.

Disinilah Multiplier Effect yang dapat di munculkan atas program CSR Pertamina ini. Dimana selain menyentuh pemberdayaan bidang pertanian melalui ilmu bertani, juga dapat menggerakkan ekonomi petani atas hasil bertani, hingga bisa menghasilkan produk olahan pangan.

Yang bagus lagi, Pertamina tidak sampai disitu saja, tetapi juga akan terus melakukan pendampingan kepada petani wanita di daerah tersebut. Artinya benar-benar ada tanggungjawab dalam memberdayakan, menggerakkan, dan mengangkat perekonomian masyarakat. Sehingga ada perubahan besar yang dirasakan masyarakat di Kelurahan Lomanis Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap atas adanya program CSR Pertamina ini.

Kemarin acara launching juga ditandai dengan penyerahan bantuan secara simbolis dari Pertamina Depot LPG Cilacap kepada perwakilan Kelompok wanita Tani Sumber Patedhan 1 dan 3. Selanjutnya dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda peresmian rumah bibit dan dilanjutkan dengan penanaman bibit cabe yang telah dihasilkan dari rumah bibit tersebut dan diakhiri denga doa bersama untuk keberlangsungan program Pertamina Depot LPG Cilacap. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here