Ekonomi BisnisOJK Ajak Pelaku UMKM Perempuan Lebih Kreatif Kembangkan Bisnis

OJK Ajak Pelaku UMKM Perempuan Lebih Kreatif Kembangkan Bisnis

-

- Advertisment -spot_img

Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Aman Santosa.

SEMARANG – Menjelang Hari Kartini, Kali ini, OJK bersinergi dengan Pemerintah Kota Semarang, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), PT Amartha Mikro Fintek dan PT Bursa Efek Indonesia, memberikan pelatihan dan motivasi kepada pelaku UMKM Perempuan di Kota Semarang untuk lebih kreatif dan inovatif mengembangkan usaha di tengah pandemi.

Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Aman Santosa, menyampaikan bahwa di tahun 2020 perekonomian Jawa Tengah mengalami tekanan yang cukup dalam akibat pandemi Covid-19.

Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah di tahun 2020 terkontraksi -3,34%, lebih dalam dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang terkontraksi -2,19%.

Kondisi ini tentunya sangat berdampak terhadap UMKM. Pihaknya telah melakukan berbagai upaya bersama Industri Jasa Keuangan untuk mensukseskan program pemulihan ekonomi nasional dan kebangkitan UMKM.

Program unggulan di tahun 2021 yaitu Business Matching UMKM dan Offtaker, Kredit Murah, Virtual Expo Produk UMKM serta Gerakan Belanja Produk UMKM.

Pelatihan yang diikuti sekitar 400 pelaku UMKM perempuan, ibu-ibu PKK Kota Semarang dan Ikatan Istri Pegawai OJK (IIPOJK) ini fokus pada alternatif pembiayaan dari fintech peer to peer lending dan pasar modal, serta cara pengelolaan keuangan untuk mendukung pengembangan usaha UMKM.

Peserta juga mendapat informasi tentang manfaat dan risiko berinvestasi di pasar modal.

Aman menambahkan, Kantor OJK Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta juga melibatkan berbagai pihak untuk mengakselerasi pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90% pada tahun 2024, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, tingkat literasi dan inklusi keuangan laki-laki sebesar 39,94% dan 77,24%, relatif lebih tinggi dibanding perempuan sebesar 36,13% dan 75,15%.

Padahal, wanita memiliki peran penting dalam pengelolaan keuangan keluarga, termasuk cara berinvestasi yang benar. Perempuan dapat mengantarkan keluarga, saudara dan masyarakat di sekitarnya untuk memiliki kesejahteraan yang lebih baik.

“UMKM harus optimis, ekonomi di tahun 2021 akan membaik seiring dengan pelaksnaan vaksin secara bertahap. OJK bersama dengan Industri Jasa Keuangan di Jawa Tengah mendukung kebangkitan UMKM dengan memperluas akses kredit murah, pendampingan usaha bersama dengan dinas terkait dan terus berupaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan sebagai bentuk kontribusi mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif,” pungkas Aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...
- Advertisement -spot_imgspot_img

XL Axiata Luncurkan Paket Keluarga ‘AKRAB’

*Berbagi Kuota, Berbagi Kebersamaan JAKARTA- Menyambut bulan Ramadan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan produk inovatif yang bisa mempererat...

Realme 8 dan 8 Pro Kini Hadir di Semarang dan Yogyakarta, Dijual Mulai Rp 3,5 Jutaan

SEMARANG – Realme, merek smartphone Favoritnya Anak Muda mulai meluncurkan realme 8 dan 8 Pro, realme Buds Air 2...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda