Ekonomi BisnisOK Coin Laundry Lebih Hemat Pakai Gas PGN

OK Coin Laundry Lebih Hemat Pakai Gas PGN

-

- Advertisment -spot_img

Tim Maintenance PGN memastikan keamanan pengaliran gas pada alat setrika OK Coin Laundry.

SURABAYA – Tidak terbatas untuk masakan, gas alam juga dimanfaatkan untuk usaha laundry. OK Coin Laundry di Tenggilis Mejoyo membuktikannya.

Sony Sugiharto Leo mendirikan OK Coin Landry usaha ini sekitar 1 (satu) tahun yang lalu. Ia memiliki 4 (empat) set mesin cuci lengkap dengan mesin pengering dan 2 (dua) setrika uap bertenaga gas.

Pada awal mendirikan Usaha, ia menggunakan gas tabung 12 kilogram untuk mengeringkan cucian dan setrika. Sejak lebih dari 2 minggu yang lalu, Ia beralih menggunakan gas alam dari PGN.

“Kami tidak lagi repot bongkar-pasang gas tabung, sehingga lebih fokus bekerja menyelesaikan cucian pelanggan,” ujar Sony, Jumat (8/11/19).

Ketika masih menggunakan gas tabung, dalam sebulan Sony mengkonsumsi 20 tabung 12 kg seharga masing-masing Rp. 135 ribu. Total sebulan Ia menghabiskan Rp. 2,7 juta.

Dengan konversi bahwa 1 kg gas tabung adalah setara dengan 1,3 meter kubik gas bumi, maka 20 tabung 12 kg atau total 240 kg tersebut sama dengan 312 meter kubik gas bumi. Dengan harga gas bumi per meter kubik adalah Rp. 2.870, maka Sony hanya perlu menyisihkan Rp. 895.440 untuk tagihan gas bumi di usaha laundry-nya.

Misbachul Munir, PGN Sales Area Head Surabaya menjelaskan, Pelanggan PK (Pelanggan Kecil komersial) dari jaringan Jargas pada tahun 2018 lalu sebanyak 3 pelanggan, sedangkan tahun ini di Surabaya sudah terpasang 16 pelanggan yang akan segera menyusul diselesaikan 4 pelanggan sehingga nantinya menjadi total 20 pelanggan.

Diantara pelanggan tersebut yang terbilang cukup besar antara lain Usaha potong ayam dan bebek di Wonorejo, laundry di Gubeng Kertajaya dan Medokan, serta restoran Soto Ayam di Rungkut. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

BSI Cetak Laba Bersih Rp 1,48 Triliun di Semester I 2021

JAKARTA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) berhasil menorehkan kinerja impresif sepanjang semester I 2021 dengan membukukan laba...

PLN Cetak Laba Bersih Rp6,6 Triliun di Semester I 2021

JAKARTA- Di tengah tekanan pandemi Covid-19, PLN berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp6,6 triliun hingga semester I 2021. Berdasarkan...

Setahun Hadir di Bandung, Pengguna Internet Rumah “XL Home” Naik 200%

BANDUNG- Layanan internet fiber XL Home dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kini telah hadir di sebagian daerah...

Nikmati Promo Khusus dari Hotel Santika Pekalongan untuk Penerima Vaksin Covid-19

PEKALONGAN - Dalam rangka mendukung program pemerintah terkait vaksinasi masyarakat Indonesia Hotel Santika Pekalongan memberikan promo khusus kepada para...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Tim Siaga Bencana di Semarang Dilatih Membuat Eco Enzyme

SEMARANG - Meningkatnya kasus konfirmasi positif Covid 19 di awal tahun 2021 ini, menjadi perhatian khusus Palang Merah Indonesia...

Sinergi Telkomsel dan Gojek, Perkuat Produktivitas Mitra UMKM Hadapi Pandemi

JAKARTA– Melanjutkan sinergi yang telah dibangun, Telkomsel dan Gojek kembali menghadirkan kolaborasi pada layanan unggulan keduanya untuk meningkatkan produktivitas...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda